Kenali Kondisi Ban Kendaraanmu

Kenali Kondisi Ban Kendaraanmu – Sebuah kendaraan yang baik merupakan salah satu faktor keselamatan dalam berkendara di jalanan. Salah satu hal sepele yang sering jarang diperhatikan adalah ban kendaraan yang setiap hari terpasang pada kendaraan bermotor.

Ban merupakan sebuah perangkat yang melindungi velg pada roda. Ban merupakan sesuatu yang penting karena melindungi bagian luar roda saat berkendara di jalan. Selain itu digunakan untuk mengurangi getaraan saat berkendara di jalanan yang tidak rata dalam kontur jalanannya.

Roda pertama kali terbuat dari batu yang dipahat hingga membentuk bundar, kemudian seiring berkembangannya waktu roda kemudian terbuat dari kayu yang kemudian digunakan pada kereta kuda.

Pada tahun 1845 ditemukan sebuah ban hidup atau ban dengan rongga udara. Yang menjadikan dasar dalam pembuatan roda hingga sekarang. Dan banyak sekali jenis -jenis ban yang berkembang hingga sekarang. Dan banyak sekali kerusakan yang terjadi pada ban seperti ban yang sudah halus.

Untuk mengetahui ban kita sudah semakin halus atau belum, kita menggunakan alat pengukur kekasaran sehingga kita mengetahui apakah ban kita harus diganti atau masih bisa dipakai untuk jangka waktu tertentu.

Dan jika ingin mengganti ban kita, harus terlebih dahulu mengerti jenis-jenis ban yang berkembang seiring dengan berjalannya waktu yang semakin hari semakin berkembang. berikut merupakan jenis-jenis ban dari waktu ke waktu.

Ban Bias

Ban Bias sendiri merupakan ban yang terbuat dari lapisan serat yang dibentuk secara miring. Ban ini juga memiliki tapak yang disebut dengan tread yang memiliki daya serap terhadap benturan yang baik sehingga nyaman digunakan dalam berkendara. Tetapi ban ini memiliki kelemahan yaitu  tidak tahan dalam keausan dalam skala yang panjang.

Ban Radial

Ban Radial sendiri merupakan ban yang terbuat dari lapisan serat yang dibuat secara menyilang. Selain itu ban ini juga ditambahkan oleh lapisan serbuk pada lingkar bannya. Kelebihan dari ban ini adalah tahan terhadap kehausan tetapi memiliki kelemahan yaitu tapaknya lebih kaku dibandingkan dengan jenis ban yang lainnya.

Ban Tubless

Ban Tubless sendiri merupakan ban yang tahan jika tertusuk benda yang tajam. Kelebihannya adalah mampu menahan udara yang keluar jika tertusuk paku, sehingga tidak langsung terasa efeknya saat terkena benda tajam.

Dan cek juga nomor ban yang sesuai dengan kendaraan anda, jangan memilih ban yang berdiameter tipis karena berbahaya bila berkendara di jalan yang sedang diguyur hujan.

Tags: