Perbedaan Air Gunung dan Air Sumur

Perbedaan Air Gunung dan Air Sumur – air gunung merupakan salah satu air yang bersumber dari gunung. Biasanya gunung mempunyai sumber mata air sendiri. Sedangkan sumur adalah air yang keluar dari dalam tanah karena lubang yang dibuat.

Perbedaan air gunung dan Air sumur
Perbedaan air gunung dan Air sumur

Kedua air tersebut memang sama sama air, namun perbedaan sangat jelas karena biasanya air sumur tergolong air yang keruh dan memiliki bau tidak sedap yang menyengat. Berbeda dengan air gunung yang terlihat sangat jernih serta dilengkapi dengan kandungan baik didalamnya.

Air gunung memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu :

1. Aman dari bakteri

Bakteri memang sangat mengganggu, dan banyak terdapat di air. Namun, berbeda dengan air gunung, air gunung lebih steril dan terhindar dari bakteri serta dijamin sangat menyegarkan.

2. Kandungan oksigen yang cukup

Oksigen yang cukup sangat diutuhkan, air gunung memiliki kadar oksigen yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh.

3. Mendapat sinar matahari langsung

Air yang terkena sinar matahari langsung akan memiliki kandungan ultraviolet yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti air gunung ini.

4. Terhindar dari pencemaran bahan kimia

Hal yang paling membahayakan adalah air yang terkontaminasi dengan bahan kimia. Air gunung tidak pernak terkontaminasi dengan bahan kimia, hal ini dikarenakan air gunung mengalir begitu saja dari kaki gunung yang tergolong masih asri dan terhindar dari bahan kimia berbahaya.

Jika dilihat dari segi manfaat air gunung memilii banyak manfaat, berbeda dengan air sumur. Dibandingkan dengan pernyataan manfaat air sumur memiliki kekurangan, yaitu :

1. Bakteri yang menumpuk

Karena berada di dalam tanah air sumur memiliki bakteri yang cukup banyak. Bakteri tersebut biasanya berasal dari tanah, tanah digunakan untuk menimbun sesuatu dan itu sangat berpengaruh pada air yang dihasilkan.

2. Kurangnya kandungan oksigen

Tanah umunnya memiliki kandungan oksigen yang kurang, berbeda dengan di pegunungan.

3. Tidak mendapat sinar matahari

Karena posisi sumur ada di dalam tanah, hal itu menyebabkan air kekurangan ultraviolet.

4. Bahan kimia

Bahan kimia sisa limbah sering dibuang ke tanah, jika pembuatan sumur berdekatan dengan industry dapat dipastikan bahan kimia akan tercampur dengan air.

Dari kelemahannya, banyak warga yang mengaplikasikan sesuatu untuk membuat air sumur jernih. Salah satunya adalah menggunakan kaporit, kaporit tidak boleh digunakan untuk dikonsumsi karena dapat membahayakan tubuh.

Biasanya air sumur juga digunakan produsen nakal yang memproduksi air dalam kemasan. Agar terhindar dari air minum kemasan yang mengandung kaporit dapat periksa menggunakan alat ukur kadar klorin.

Incoming search terms:

  • air gunung
  • air pegunungan
  • kandungan air sumur
  • sumber mata air pegunungan
  • air sumur adalah
  • masih air gunung adalah
  • manfaat air pegunungan
  • kandungan mata air pegunungan
  • Kandungan air gunung
  • dari mana mata air sumur berasal

Tags: