Periksa Ban Sebelum Bepergian

1 min read

Periksa ban sebelum bepergian – Ban kendaraan adalah suatu hal yang perlu diperhatikan jika akan bepergian jauh. Jika ban kendaraan aman dan nyaman, perjalanan akan semakin menyenangkan. Jika ban aman, tak perlu khawatir akan terjadinya hal hal buruk dalam perjalanan.

https://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/1041696/big/003750300_1446522642-1.JPG
Periksa ban sebelum bepergian

Jika keadaan jalan licin dapat menyebabkan ban tergelincir dan akan terjadi kecelakaan. Kecelakaan dapat terjadi karena ban yang tidak aman, seperti tekanan ban yang tidak pas.

Maka dari itu sebelum bepergian disarankan agar memperhatikan hal berikut:

  • Mengecek tekanan ban

Tekanan ban yang sesuai akan menambah kenyamanan saat bepergian. Jika ban kurang angin, maka tapak ban akan melebar, dan akan bergesekan dengan jalan yang mengakibatkan ban kurang bagus dan harus memiliki tenaga ekstra agar bergerak dengan baik.

  • Cuaca

Saat akan bepergian sebaiknya cek keadaan cuaca sekitar. Cuaca juga mempengaruhi kendaraan anda. Jika cuaca hujan, sebaiknya cek kendaraan dengan benar, terutama pada ban. Ban yang sudah halus akan bergesekan dengan jalan yang licin. Hal itu dapat membuat kendaraan tergelincir atau terpeleset, dan dapat mengakibatkan pengendara jatuh.

  • Pilih ban yang sesuai Ban yang sesuai dengan jalanan di Indonesia yang tropis, ban basah dapat membantu. Ban basah dapat digunakan di berbagai lintasan dan cuaca. Sebenarnya, ban basah digunakan dalam cuaca hujan, namun penggunaan dalam keadaan jalan yang kering juga tidak bermasalah. Kekurangan penggunaan ban basah adalah karena ban basah tidak dapat mencengkram pada lintasan kering.
  • Memindah rotasi ban juga perlu dilakukan ketika sudah menempuh jarak 8.000 sampai 11.000 km, hal ini berlaku untuk mobil. Rotasi dilakukan bukan hanya ban depan dengan ban belakang, tapi juga memindah posisi ban yang awalnya di dalam menjadi di luar.
  • Periksa ukuran di tapak ban
    Ukuran tingkat tapak ban sebaiknya masih diatas 50%, jika tapak ban kurang dari 50% perlu mengganti terlebih dahulu.
  • Cek kondisi kealaman ban.
    Cek kedalaman ban dapat dilihat dengan kasat mata, yaitu dengan melihat kembang yang ada di ban.

Anda juga dapat memeriksa keadaan ban dengan menggunakan alat ukur tekanan udara ban.

Coklat Yang Mengandung Babi

Coklat Yang Mengandung Babi – Apakah Anda orang yang suka memakan coklat? makanan manis yang diolah dari biji kakao ini memang mempunyai banyak pecintanya....
akubeni1
1 min read

Kolam Budidaya Belut

Kolam Budidaya Belut – Belut kini sudah menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi dalam belut juga...
akubeni1
1 min read

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia – Insomnia merupakan masalah kesulitan tidur yang cukup merepotkan karena dapat berakibat adanya rasa lelah yang berkelanjutan sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika seseorang merasakan...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *