Tips Memilih Perhiasan Emas

Tips Memilih Perhiasan Emas – Apakah Anda ingin membeli perhiasan dari emas? tentu perhiasan emas akan lebih mempercantik penampilan Anda. Selain itu perhiasan emas juga dapat Anda gunakan sebagai investasi di masa depan.

Tips Memilih Perhiasan Emas

Akan tetapi bila Anda ingin membeli emas ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan perhiasan berkualitas. Jangan sampai kita keliru membeli emas yang tidak berkualitas, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa tips memilih perhiasan emas :

Berapa kadar karat emas itu?

Hitungan karat pada emas merupakan angka yang menunjukkan berapa banyak bagian emas murni dari total 24 karat yang ada dalam perhiasan tersebut, sebagai contohnya emas 10 karat artinya mengandung sekitar 42% emas (10 dibagi 24) sedangkan sisanya adalah nikel, seng, besi dll.

Pertimbangkan juga soal harganya bila Anda ingin membeli perhiasan emas, tentu seperti yang kita tahu bahwa semakin tinggi karat pada perhiasan emas maka akan semakin mahal juga harganya. Akan tetapi perhatikan juga ketahanannya karena emas murni itu sangat lembek. Semakin rendah kadar karat perhiasan maka produknya akan makin keras dan tahan lama karena emas murni tidak memiliki kekerasan yang tinggi.

Apakah perhiasan emas mengandung Nikel?

Dalam perhiasan emas biasanya ditambahkan bahan metal tambahan yaitu nikel, akan tetapi bagi orang yang alergi dengan logam jenis ini akan menyebabkan ruam pada kulit. Apabila Anda termasuk orang yang alergi dengan logam nikel maka sebaiknya Anda jangan menggunakan emas 10 karat karena kandungan nikelnya yang terlalu banyak, bila Anda ingin menggunakan perhiasan emas maka sebaiknya gunakan dengan kadar 18 karat karena kandungan nikelnya jauh lebih sedikit.

Lebih baik emas padat atau emas lapis?

Perhiasan emas juga ada yang tidak semuanya terbuat dari emas, akan tetapi dari logam lain yang dilapisi emas karena emas lapis biasanya lebih murah dibandingkan dari perhiasan emas padat. Apabila perhiasan terbuat dari emas lapis maka bila perhiasan sering digunakan maka lama kelamaan emasnya akan pudar, namun bila Anda ingin menggunakannya sesekali saja Anda dapat memilih perhiasan jenis ini.

Ketebalan lapisan emas ini sebenarnya dapat Anda ukur menggunakan bantuan alat ukur ketebalan yaitu thickness meter. Bila Anda akan sering menggunakan perhiasan tersebut sebaiknya Anda membeli perhiasan yang terbuat dari emas padat saja.

Tags: