Proses Pembuatan Keju

Proses Pembuatan Keju – keju merupakan makanan yang dihasilkan dari proses pemisahan zat zat padat dalam susu yang dihasilkan melalui proses pengentalan atau koagulasi. Pengentalan keju dilakukan dengan memanfaatkan bakteri atau enzim tertentu yang disebut dengan rennet.

Proses Pembuatan Keju
Proses Pembuatan Keju

Hasil dari susu yang telah diproses akan menjadi berbagai jenis prosuk keju. Proses pengentalan, temperature, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Hal tersebut dilakukan untuk memproses susu menjadi keju.

Untuk lebih jelasnya apa itu proses pengentalan, temperature, metode pemotongan, pengeringan, dan lainnya dapat dilihat dibawah ini :

  • Proses Pengasaman

Pengasaman dilakukan dengan cara memanaskan susu untuk membunuh mikroba mikroba awal, mikroba tersebut dilenyapkan agar susu tidak cepat basi. Selanjutnya, susu yang sudah dipanaskan akan diberi bakteri asam laktat, yaitu streptococcus, dan juga lactobacillus.

Bakteri bakteri tersebut akan memakan laktosa yang terkandung dalam susu dan dapat menjadi padat dan menggumpal serta membentuk dadih. Untuk mengukur tingkat keasaman keju dapat menggunakan alat ukur pH khusus yang dapat mengukur pH keju.

  • Pengentalan

Susu yang sudah dipanaskan akan diberikan bakteri rennet yang akan memisahkan bagian keju, antara keju cair dan juga keju padat. Keju padat akan dileburkan menjadi butiran butiran keju halus, yang setelahnya akan diproses dan menjadi keju yang lebih keras.

  • Pengolahan dadih

Pengolahan dadih dilakukan dengan cara memindahkan keju lunak ke dalam wadah dengan hati hati. Dadih sebaiknya dicincang untuk memperoleh banyak air dadih yang menghasilkan semakin padat.

  • Sebelum pematangan

Hal yang harus dilakukan saat akan melakukan pematangan adalah melakukan beberapa proses terlebih dahulu. Pada proses yang pertama yaitu, proses penekanan. Proses penekanan dilakukan untuk memperoleh kepadatan keju yang diinginkan. Untuk keju lunak tidak dilakukan proses penekanan, karena biasanya berat yang diinginkan untuk keju, sudah tercapai tanpa harus melalui proses penekanan.

  • Proses pematangan

Proses ini merupakan tahapan akhir dadih menjadi keju. Proses pematangan keju akan dijaga suhu dan pada kelembaban tertentu. Pematangan keju dapat dilakukan selama beberapa hari untuk keju padat dan beberapa minggu untuk keju lunak.

 

Incoming search terms:

  • cara pengawetan tentang keju
  • pembuatan keju