Syarat Air Minum yang Layak Dikonsumsi

Syarat Air Minum yang Layak Dikonsumsi – Kebutuhan air bersih sangat berpengaruh bagi manusia untuk melakukan segala kegiatan sehari-hari. Sehingga perlu diketahui bagaimana air dikatakan bersih dari segi kualitas dan bisa digunakan dalam jumlah yang memadai dalam kegiatan sehari-hari manusia.

Syarat Air Minum yang Layak Dikonsumsi

Agar kelangsungan hidup manusia dapat berjalan dengan lancar, air bersih juga harus tersedia dalam jumlah yang memadai sesuai dengan aktifitas manusia pada tempat tertentu dan kurun waktu tertentu. Kualitas air secara umum menunjukkan mutu atau kondisi air yang dikaitkan dengan suatu kegiatan atau keperluan tertentu.

Sedangkan kuantitas menyangkut jumlah air yang dibutuhkan manusia dalam kegiatan tertentu. Air adalah materi esensial didalam kehidupan, tidak ada satupun makhluk hidup di dunia ini yang tidak membutuhkan air. Manusiapun tidak akan mampu jika hidup tidak ada air.

Sebagian besar tubuh manusia itu sendiri terdiri dari air. Tubuh manusia rata-rata mengandung air sebanyak 90 % dari berat badannya. Tubuh orang dewasa, sekitar 55-60%, berat badan terdiri dari air, untuk anak-anak sekitar 65% dan untuk bayi sekitar 80%.

Maka dari itu kita harus menjaga tubuh kita dengan meminum air minimal 8 gelas perhari agar tubuh kita terasa bugar. Air minum yang dikonsumsi harus memenuhi syarat yang berlaku agar tidak menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari. Manfaat air putih yang biasa dikonsumsi oleh kita ternyata banyak sekali manfaatnya. Dibawah ini beberapa manfaat dari air putih.

Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh :

– Memperlancar sistim pencernaan.

– Membuat wajah segar bugar terhindar dari kulit kusam.

– Mencegah penyakit jantung.

– Mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urine maupun keringat.

– Penyeimbang sistim getah bening.

– Menjaga berat badan tubuh.

– Mencegah penyakit batu ginjal

– Mencegah tejadinya kanker.

– Air membantu mengeluarkan zat sisa metaabolisme.

– Air ludah berfungsi sebagai pembersih dan disenfektan alami di tubuh bagian mulut dan gigi.

– Cairan tubuh juga membantu sendi dan otot untuk dilumasi.

– Apabila kebutuhan cairan tubuh terpenuhi maka akan terhindar dari konstipasi/ sulit BAB Karena cairan dalam tubuh dapat membantu penyerapan nutrisi juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.

Persyaratan Kualitas Air Minum

Parameter Kualitas Air yang digunakan untuk kebutuhan manusia haruslah air yang tidak tercemar atau memenuhi persyaratan 3 persyaratan yaitu syarat fisika, kimia dan mikrobiologis.

1. Syarat Fisika

a. Air harus jernih : Air yang layak dikonsumsi warnanya jernih, apabila air keruh itu menandakan air tersebut sudah tercemar oleh banyak kontaminan.

b. Tidak berwarna : Air yang berkualitas ialah air yang tidak berwarna. Apabila berwarna berarti mengandung bahan-bahan lain yang berbahaya bagi kesehatan.

c. Tidak berbau : Air yang baik memiliki ciri tidak berbau bila dicium dari jauh maupun dari dekat.

d. Rasanya tawar : Air yang normal adalah air yang tidak berasa. Jika air yang terasa asam, manis, pahit atau asin itu menunjukan air tersebut tidak baik.

2. Syarat Kimia :

a. Bebas zat kimia beracun, logam berat, pestisida dan radioaktif.

b. Tidak ada padatan terlarut (TDS). Air yang bagus adalah air yang bebas dari padatan terlarut dalam air misalnya kandungan besi, aluminium, sulfat dll. yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

c. Tubuh kita memang memerlukan mineral tetapi mineral yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh melampaui batas yaitu batas yang dapat ditolerir oleh tubuh. Lebih dari itu akan mengakibatkan kerusakan atau sakit.

d. pH yang normal untuk air mium yaitu antara 6,5 – 8,5

3. Syarat Mikrobiologis :

a. Tidak mengandung bakteri E Coli dan Coliform

b. Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, kolera, dan bakteri patogen penyebab penyakit

Apabila air yang tidak memenuhi syarat-syarat di atas maka dapat dikatakan bahwa air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Air minum yang tidak layak dikonsumsi salah satunya adalah apabila ada zat padatan yang terlarut didalamnya, contohnya adalah besi.

Air yang mengandung banyak besi akan berwarna kuning dan menyebabkan rasa logam besi dalam air, akan berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itu, untuk mencegah bahaya yang akan timbul karena terdapat padatan terlarut didalam air, kita perlu menggunakan alat yang dapat mengukur padatan terlarut.

Alat tersebut ialah TDS meter, alat ini mampu mengukur semua jenis padatan misalnya garam, sulfat, besi, aluminium dll yang terlarut didalam air. Harga jual tds meter sangat terjangkau, sesuai dengan kebutuhan dan dilihat berdasarkan spesifikasinya.

Bagi anda yang berminat untuk membeli alat tersebut, tidak perlu repot-repot mencari toko kesana-kemari, karena sekarang tds meter telah banyak dijual secara online. CV Java Multi Mandiri adalah salah satu perusahaan yang menyediakan tds meter dengan kualitas terbaik.

CV Java Multi Mandiri memberikan kemudahan untuk anda dengan memberikan garansi selama 1 tahun dan pembelian alat dapat dikirim keseluruh wilayah Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Jika anda membutuhkan air yang bebas dari padatan terlarut, beli tds meter sekarang juga.

Tags: