Konstruksi Gedung Pencakar Langit

1 min read

Konstruksi Gedung Pencakar Langit – Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan bangunan gedung-gedung menjulang tinggi diperkotaan. Tentunya kita juga sudah tahu apa penyusun dari gedung tersebut. Yang tidak lain adalah besi dan logam.

Konstruksi Gedung Pencakar Langit

Besi merupakan logam pada transisi pertama di endapan bumi. Besi juga unsur umum berdasarkan massa, dan membentuk sebagian besar inti luar serta inti dalam bumi. Besi juga merupakan unsur keempat terbesar pada kerak bumi.

Sedangkan logam merupakan sebuah material yang biasanya keras tak tertembus cahaya, berkilau serta merupakan konduktor penghantar panas yang baik. Dan di era modern serkarang banyak negara-negara di dunia yang berlomba-lomba dalam pembangunan gedung pencakar langit yang tinggi.

Sebagai contoh di UEA ada sebuah gedung tertinggi di dunia yaitu The Burj Dubai Tower  yang selesai di bangun pada tahun 2008, yang merupakan rancangan dari perusahaan AS. Lantas bagaimana proses pembuatan gedung tersebut. Berikut cara pembuatan gedung pencakar langit secara garis besar.

  1. Yang pertama adalah pemodelan gedung atau rancangan gedung yang dibuat oleh seorang arsitek yang berpengalaman.
  2. Pemilihan bahan bangunan yang cocok untuk konstruksi gedung tersebut, pemilihan bahan tersebut harus bisa memenuhi syarat-syarat seperti kekerasan bahan material tersebut, dan untuk mengukurnya digunakan alat pengukur kekerasan untuk menentukan seberapa kerasnya bahan tersebut.
  3. Penyusunan konstruksi bangunan pada lahan yang sudah disiapkan. Pastikan bahwa area tersebut aman dari kondisi seperti banyak orang yang lalu Lalang melintasi jalanan tersebut sehingga mengganggu aktivitas dalam pembangunan gedung pencakar langit tersebut.
  4. Tahap pembangunan, pembangunan dilakukan secara berkala dan memenuhi prosedur perancangan sebuah gedung sesuai standar yang telah ditetapkan. Pada tahap pembangunan juga arsitek ikut terlibat supaya pemodelan gedung tersebut sesuai dengan konsep pada awal rencana.
  5. Penyelesaian, dimana harus selalu mementingkan K3 dalam bekerja. Keselamatan harus selalu diutamakan dalam berbagai kondisi dan situasi sehingga timbul rasa aman yang baik bagi para pekerja.

Dengan mengetahui tentang sebuah konstruksi gedung pencakar langit, kita bisa mengenal lebih dekat bagaimana membangun sebuah gedung yang kokoh saat disituasi apapun.

Incoming search terms:

  • proses pengerjaan gedung pencakar langit

Membuat Layang – Layang

Membuat Layang – Layang – Layangan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan layang – layang sendiri pastinya sudah tidak asing lagi oleh kita...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Ciri Ciri Furniture Kayu Jati

Ciri Ciri Furniture Kayu Jati – Mebel atau perabot rumah dari kayu merupakan jenis mebel maupun furniture yang masih banyak digemari hingga saat ini....
akubeni1
1 min read

Sirkuit Balap Motor Terbaik di Dunia

Sirkuit Balap Motor Terbaik di Dunia – Apakah Anda penggemar balap motor? tentu Anda sudah tahu ajang balap motor paling bergengsi di dunia yaitu...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *