Syarat Hidup Lobster Air Tawar

Syarat Hidup Lobster Air Tawar – Lobster merupakan hewan air yang mempunyai banyak kandungan protein yang baik untuk tubuh kita. Minatnya yang tinggi dan kandungan nutrisinya yang baik membuat banyak orang yang membudidayakan lobster terutama lobster air tawar.

Syarat Hidup Lobster Air Tawar

Bila Anda ingin membudidayakan lobster air tawar maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan lebih dahulu terutama bila Anda peternak pemula. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda harus memperhatikan syarat hidup lobster air tawar sebagai berikut :

1. Syarat utama hidup

Pada dasarnya lobster air tawar memiliki syarat hidup yang sedikit berbeda dengan lobster air asin, umumnya udang jenis lobster air tawar lebih toleran terhadap kadar oksigen terlarut yang sangat rendah. Sebaiknya kolam juga dipasangi aerator untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap bersih yang disukai oleh lobster.

2. Temperatur

Pada umumnya hewan lobster lebih tahan terhadap perubahan suhu yang terbilang ekstrim karena hewan ini dapat hidup pada suhu 35 derajat celcius hingga suhu dibawah 0 derajat celcius. Namun agar mendapatkan hasil yang maksimal maka lobster air tawar yang dibudidayakan harus berada di kolam dengan suhu air 25 – 29 derajat celcius. Anda dapat menggunakan termometer untuk memantau suhu air kolam budidaya.

3. pH

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya sebaiknya air kolam mempunyai nilai pH yang cenderung basa, hal ini dapat Anda lakukan dengan menambahkan kapur yang cukup banyak agar kalsium terlarut untuk nutrisi cangkang terpenuhi. Gunakan alat pH meter untuk memantau tingkat pH air agar pertumbuhan lobster maksimal dan memberikan keuntungan lebih.

4. Kualitas air budidaya

Faktor penting lainnya yang harus diperhatikan disini adalah kualitas air itu sendiri, pastikan kebersihan air kolam karena lobster air tawar agak sensitif terhadap residu minyak dan juga kadar klorin tinggi terutama pada masa mudanya. Pastikan tidak ada senyawa logam kontaminan yang tercampur di air apabila Anda akan mulai membudidayakan atau memijah lobster air tawar.

5. Teknis usaha

Apabila Anda akan membudidayakan lobster air tawar maka pastikan indukan yang Anda pilih dalam keadaan baik dan ukuran yang cukup. Setelah itu Anda dapat melakukan hal sebagai berikut yaitu sediakan kolam khusus yang digunakan untuk kolam breeding (pembuahan) dengan ukuran 1 x 1 M yang diisi 5 ekor betina dan 3 ekor jantan.

6. Jenis pakan

Pada masa pembesaran pastikan lobster mendapatkan pakan yang mengandung protein, mineral, vitamin dan karbohidrat tinggi. Pastikan pakan lobster juga memiliki tingkat kelarutan yang tinggi di dalam air agar hama penyakit tidak mudah menyerang lobster air tawar. Pastikan pakan diberikan pada pagi dan sore hari dalam takaran yang sama dengan berat tidak melebihi 3% dari berat badan total keseluruhan lobster air tawar.

7. Pengendalian hama

Selain memastikan kualitas air dan berbagai syarat hidup lobster air tawar, Anda juga harus memastikan tidak ada hama penyakit yang menyerang lobster. Penyakit yang harus Anda waspadai adalah sebagai berikut :

  • Crayfish plague : penularan penyakit ini bisa terjadi dari peralatan yang dimiliki yang mengandung virus atau jamur yang membuat daya tahan lobster menurun. Untuk mengatasinya pastikan kebersihan air kolam dengan rutin menggantinya hingga kebersihan alat – alat yang berhubungan dengan kolam.
  • WSD / White spot disease : penyakit ini sering menimpa lobster dalam kolam tanah, saat ada salah satu lobster yang terjangkit penyakit ini maka dapat dipastikan udang lain dalam kolam yang sama akan langsung mati. Untuk menghindarkan penyakit yang disebabkan oleh virus ini, Anda harus selalu menjaga tingkat keasaman air dan membersihkan alat yang terinfeksi virus.

Tags: