Macam-Macam PH Meter

Macam-Macam PH Meter – Ph meter adalah salah satu jenis alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur keasaman atau basa pada suatu cairan, alat ini sering digunakan untuk mengetahui kadar zat.

Macam-Macam PH Meter

Ph meter biasanya terdiri dari elektoda kaca yang dihubungkan dengan meter elektronik yang berfungsi untuk mengukur dan menampilkan hasil pembacaan Ph dari suatu cairan.

Ph itu sendiri memiliki tingkatan dari 0 sampai 14 dan di bagi menjadi 2 bagian skala yaitu 0 sampai 7 maka cairan tersebut memiliki sifat asam sedangkan dari 7 hingga 14 maka cairan tersebut memiliki sifat basa.

Jenis-jenis Ph meter berdasarkan kegunaannya ada 2 yaitu Ph meter untuk tanah dan Ph meter untuk air sedangkan dari pembacaannya dibagi menjadi 2 yaitu ph meter analog dan digital. CV Java Multi Mandiri jual ph meter berkualitas dan bergaransi. Pastikan memilih ph meter terbaik dan produk asli.

Ph meter tanah adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kadar Ph atau tingkat keasaman/kebasaan pada suatu area pertanahan yang akan dilakukan penelitian.

Ph meter tanah ini banyak di aplikasilan pada bidang pertanian dan perkebunan, karena disetiap bidang tersebut sangat memerlukan data Ph tanah yang akan dikelola untuk dijadikan lahan pertanian, perkebunan maupun lahan lainnya yang memerlukan kualitas tanah yang bagus.

Berikut beberapa contoh Ph meter tanah :

1. Ph Meter Tanah AMT-300

Alat Ukur pH tanah 4 parameter

AMT-300 selain digunakan untuk mengukur ph tanah alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur pencahayaan, kelembaban tanah, dan suhu tanah. Alat ini merupakan alat yang lengkap dan memiliki 4 fungsi dalam satu alat.

2. Alat Ukur Kesuburan Tanah ETP306

Alat Ukur Kesuburan Tanah 3 Parameter ETP306

ETP306 merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kesuburan tanah. Alat ini memiliki 3 fungsi yaitu dapat mengukur kadar Ph tanah, kelembaban tanah dan pencahayaan.

3. Alat Ukur Kesuburan Tanah ETP303

Alat Ukur pH Tanah AMTAST ETP303

ETP303 digunakan untuk menentukan kesuburan tanah dan juga untuk mengukur tingkat Ph tanah. Kesuburan tanah diukur dengan mendeteksi kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium (potasium) yang terkandung di dalam tanah.

Selain Ph meter untuk tanah, ada juga Ph meter untuk air. Ph meter air adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman/kebasaan pada air. Air mineral ataupun air murni mempunyai tingkat PH seimbang dengan angka 7.

Berikut beberapa contoh Ph Meter Air :

1. Ph Meter Seri KL-03 (II)

Alat Ukur pH AMTAST KL-03(II)

Alat ini dapat digunakan untuk mengukur pH pada larutan kimia, susu, minuman, jus, air atau cairan lainya yang berjenis air.

2. Ph saku anti air Seri PH10S

Alat Ukur pH Pocket AMTAST PH10S

Alat ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur pH cairan yang tidak kental dan tidak bersuhu tinggi. Misalnya air keran, air minum, air hujan, dan lain-lain.

3. Alat Ukur pH Air KL-6022

pH Meter AMTAST KL-6022

KL-6022 digunakan untuk menggukur tingkat keasaman/kebasaan pada air. Ukuran netral pada air adalah jika menunjukan angka 7.

Berdasarkan pembacaannya, Ph meter dibagi menjadi 2 yaitu Ph meter digital dan Ph meter analog.

Ph Meter Digital adalah Ph meter yang pembacaannya langsung keluar berupa angka hasil pengukuran pada alat Ph meter. Sedangkan Ph meter analog adalah Ph meter yang pembacaannya masih menggunakan jarum penunjuk untuk menentukan hasil pengukuran.

Dalam pembacaan hasil pengukuran, Ph meter digital memiliki tingkat keakuratan yang lebih tinggi dibanding dengan ph meter analog, karena Ph meter digital langsung menunjukan angka yang dapat dibaca dengan jelas oleh pengguna.

Jadi, Ph meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukut tingkat keasaman/kebasaan suatu cairan atau larutan. Jika anda membutuhkan alat ukur ph tanah dan ph air, saat ini sudah banyak yang menjualnya secara online, pastikan produk berkualitas dan bergaransi seperti yang dijual oleh CV Java Multi Mandiri.

Tags: