Tempat Paling Dingin di Indonesia

Tempat Paling Dingin di Indonesia – Negara Indonesia yang beriklim tropis membuat sebagian besar wilayahnya memiliki suhu yang cenderung hangat bahkan panas. Hal tersebut memang menjadi ciri wilayah yang beriklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa.

Kota Terdingin di Dunia

Akan tetapi, ada beberapa daerah di Indonesia yang justru mempunyai suhu udara dingin bahkan dapat lebih rendah di bawah titik beku. Daerah / tempat mana sajakah itu, berikut adalah beberapa tempat paling dingin di Indonesia :

1. Mulia, Puncak Jaya, Papua

Kota yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Papua ini memiliki daratan seluas 883 km persegi dengan ketinggian 2.448 mdpl dan menjadi salah satu kota terdingin yang ada di Indonesia. Wilayah ini juga menjadi tempat pemukiman penduduk tertinggi di Indonesia selain Dieng. Pada malam hari, suhu kota ini terpantau menggunakan alat ukur suhu / termometer dapat mencapai 9 derajat celcius bahkan kadang dapat turun mencapai titik beku. Menurut data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) hal ini terjadi hampir sepanjang tahun karena wilayah ini memang terletak dekat puncak Jaya Wijaya.

2. Waghete, Deiyai, Papua

Wilayah selanjutnya masih dari Papua yaitu Waghete yang pada siang harinya suhunya dapat mencapai 15 derajat Celcius, sedangkan malam hari dapat turun hingga 10 derajat Celcius. Hal ini tentu berbeda dengan sebagian besar kota di Indonesia yang suhunya sekitar 32 – 35 derajat Celcius saat siang.

3. Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Wilayah yang terletak pada ketinggian 1.300 mdpl di Kabupaten Karo ini menjadi salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara. Daerah ini diapit dua gunung yang sering aktif yaitu gunung Sibayah dan Gunung Sinabung memiliki tempat wisata terkenal yaitu air terjun Sikulika, desa – desa kuno seperti Desa Lingga dan Tongko.

4. Mamasa, Sulawesi Barat

Daerah yang terletak pada ketinggian 1.900 mdpl ini termasuk dalam Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Daerah yang memiliki hamparan perkebunan hijau ini memiliki suhu yang dingin dan sesuai untuk destinasi liburan Anda.

5. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Daerah yang memiliki suhu dingin sepanjang hari ini memiliki banyak desain bangunan modern yang memanjakan mata selain pemandangan yang indah. Daerah ini juga terdapat Gua Liang Bua yang dulunya ditemukan sisa – sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis.

6. Batu, Malang, Jawa Timur

Salah satu kota wisata yang paling terkenal di Jawa Timur ini mempunyai banyak pesona wisata yang tidak dapat Anda tolak, dengan letaknya pada ketinggian 700 – 1.700 mdpl ini tak heran jika Kota Batu memiliki suhu udara yang cukup dingin akan tetapi tetap segar. Sepanjang harinya kota Batu memiliki suhu Antara 12 – 19 derajat Celcius, dengan udara dingin dan segarnya ditambah pesona alam yang mempesona menjadikan kota ini layak untuk Anda kunjungi dalam wisata Anda.

7. Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah

Baturraden merupakan wilayah pemukiman penduduk paling tinggi yang terletak di Purwokerto, Kabupaten Banyumas ini mencapai 980 meter dari permukaan air laut. Salah satu kota kecil di selatan gunung Slamet ini mempunyai suhu udara yang sejuk dan dingin menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal.

Baca JugaHotel di Purwokerto Dekat Baturraden

Ada banyak tempat wisata di Purwokerto, salah satunya yang terkenal adalah pancuran pitu yang merupakan sumber air panas belerang yang sudah banyak dikenal, Baturraden juga sering dipilih sebagai tempat dilaksanakannya Jambore Nasional.

8. Lembang, Bandung, Jawa Barat

Kota Lembang yang terkenal dengan observatorium terbesar di Indonesia, Bosscha ini memiliki suhu udara yang sangat dingin. Selain itu tempat ini juga menyimpan banyak sekali potensi wisata lain yang berhubungan dengan alam. Lokasinya yang terletak pada ketinggian 1.300 – 2.100 meter ini mempunyai wisata alam yang terkenal yaitu Gunung Tangkuban Perahu dan layak menjadi tujuan wisata Anda.

Baca Juga : Kota Terdingin di Dunia

Tags: