Temu Putih Untuk Penyakit

1 min read

Temu Putih Untuk Penyakit – Temu putih merupakan salah satu jenis temu yang ditemukan di Indonesia, banyak yang memanfaatkannya sebagai obat obatan. Temu putih banyak digunakan untuk pembuatan parfum, sebagai pewarna, sebagai obat maupun campuran obat.

Temu Putih Untuk Penyakit
Temu Putih Untuk Penyakit

Temu putih maupun rimpang tanamannya memiliki manfaat tersendiri. Banyak yang mencari temu putih untuk dijadikan obat, biasanya obat dari temu putih diperuntukkan masalah pencernaan.

Temu putih biasanya dibudidayakan disebuah lahan yang memiliki derajat keasaman atau pH sekitar 6.0 hingga 7.8 untuk mengukur pH tanah, dapat menggunakan alat ukur pH meter.

Temu putih memiliki beberapa ciri yang membedakannya dari jenis tanaman lainnya. Temu putih memiliki akar yang rimpang, dengan daun berbentuk bulat telur memanjang hingga 1-2 meter serta memiliki bintik berwarna ungu. Memliki kulit berwarna coklat tipis, dengan bau yang mirip seperti kunyit atau manga. Biji berbentuk oval dan buah segitiga dengan bentuk bulat telur.

Manfaat temu putih untuk beberapa penyakit, sebagai berikut :

  • Mengobati penyakit kanker

Penyakit kanker disebabkan karena sel kanker dalam tubuh yang berkembang karena kondisi tertentu. Kandungan yang ada dalam temu putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  • Mengurangi penyakit maag

Penyakit maag diakibatkan karena asam lambung yang naik. Dengan mengonsumsi temu putih, asam lambung dapat diatasi.

  • Mengatasi sakit perut

Sakit perut disebabkan karena beberapa hal. Salah satu hal yang sering dialami adalah perut kembung karena masuk angin. Dengan mengonsumsi temu putih dapat membantu meredakan rasa sakit pada perut. Selain itu, temu putih dapat digunakan sebagai obat diare.

  • Mengobati penyakit miom
  • Mengobati gejala athritis

Ekstrak akar temu putih dapat membantu mengurangi iritasi, dan mengurangi pembengkakan pada sendi oleh penderita arthritis.

  • Menambah nafsu makan

Banyak yang menggunakan tanaman temu untuk menambah nafsu makan. Terutama pada anak anak, temu putih juga dapat digunakan untuk menambah nafsu makan.

  • Mengurangi linu dan bengkak

Dengan menggunakan parutan temu putih yang dicampur dengan asam dan minyak kelapa, dapat membantu mengurangi rasa linu dan bengkak.

Selain efek positif, temu juga memberi efek negative. Diantaranya :

  • Mengurangi kemampuan sel darah putih
  • Tidak baik dikonsumsi ibu hamil, karena dapat menyebabkan keguguran
  • Tidak baik untuk penderita kulit sensitive
  • Bila dikonsumsi terus menerus dapat mengganggu keefektifan obat lain
  • Dapat menurunkan kadar gula darah secara derastis

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu...
akubeni1
2 min read

Tips Cepat Hamil

5 Tips Cepat Hamil yang Terbukti Ampuh! – Sebagai seorang pasangan yang sudah menikah terutama bagi kaum muda yang baru saja menikah pastinya ingin cepat mempunyai...
akubeni1
2 min read

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *