Tips Mudah Untuk Menanam Wortel

1 min read

Tips Mudah Untuk Menanam Wortel – Wortel adalah salah satu sayur dengan kandungan vitamin A terbanyak. Wortel memiliki peranan yang penting untuk tubuh manusia.

Tips Mudah Untuk Menanam Wortel
Tips Mudah Untuk Menanam Wortel

Tak hanya kandungan vitamin A saja yang tinggi, ternyata kandungan vitamin C pada wortel juga cukup tinggi. Terbukti, wortel dapat menyembuhkan dan mencegah beberapa penyakit.

Serat yang terkandung dalam wortel membantu system pencernaan. Selain itu, banyak manfaat yang terkandung dalam wortel. Salah satu  penyakit yang dapat dicegah dengan mengonsumsi wortel adalah pencegahan kanker. Wortel sebagai sumber falcarinol yang dapat mencegah dan melawan kanker.

Maka dari itu, banyak yang menanam wortel, selain penanaman yang mudah wortel juga menghasilkan tanaman yang cucup banyak.

Dibawah ini adalah tips mudah untuk menanam wortel :

  • Syarat tumbuh wortel

Wortel dapat tumbuh di lahan dengan ketinggian 1000 sampai 1500 mdpl. Tampat untuk menanam wortel juga memiliki suhu yang dingin, dan tahan terhadap musim kemarau, hujan ataupun dari hal lainnya.

Tanah yang digunakan untuk menanam wortel memiliki ph antara 6-7. Jika ph kurang dari 6 maka dapat ditambahkan dolomit. Untuk mengukur pH tanah dapat digunakan pH meter.

  • Pemilihan bibit

Untuk pemilihan bibit dapat dibeli di tempat yang menyediakan benih wortel yang memiliki keunggulannya.

  • Pembenihan bibit

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan bibit yang menyatu, selanjutnya rendam bibit dalam air dingin selama satu hari satu malam. Tiriskan bibit dalam wadah dan biarkan hingga setengah kering.

  • Persiapan lahan

Untuk mempersiapkan lahan sebaiknya cabut rumput atau cangkul lahan hingga tanah menjadi gembur. pH tanah yang sesuai untuk wortel berada di kisaran 6-7. Jika pH tanah kurang dari 5 maka dapat ditambahkan dolomit.

Campurkan tanah dengan pupuk dan diamkan selama satu minggu. Lalu buat bedengan dengan lebar 150 cm dan tinggi 40 cm, serta panjang menyesuaikan

  • Penanaman benih

Benih ditanam dalam bedengan dan letakan akar pada bagian bawah, setelah itu tutup dengan tanah tipis.

  • Perawatan

Perawatan wortel akan dilakukan penjarangan pada usia 4 minggu. Serta dilakukan penyiangan lalu berikan pula pupuk susulan pada usia 1 bulan setelah penanaman.

  • Pemanenan

Pemanenan dilakukan setelah tanaman wortel berumur 12 minggu. Segera panen wortel, karena jika terambat panen, wortel menjadi keras.

Incoming search terms:

  • gambar wortel yg ditanam

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Pengertian iman kepada malaikat adalah salah satu pengertian yang harus diketahui dan dipahami oleh umat islam. Ada 6 rukun iman yang semuanya wajib diketahui,...
akubeni1
2 min read

Proses Pembuatan Keju

Proses Pembuatan Keju – keju merupakan makanan yang dihasilkan dari proses pemisahan zat zat padat dalam susu yang dihasilkan melalui proses pengentalan atau koagulasi....
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *