Apa Itu Tanaman Hidroponik

Apa Itu Tanaman Hidroponik – tanaman hidroponik merupakan metode tanaman yang menggunakan media tanam air. Metode tersebut sering digunakan oleh masyarakat didaerah yang memiliki sedikit sumber daya air.

Apa Itu Tanaman Hidroponik
Apa Itu Tanaman Hidroponik

Selain tidak menggunakan media tanah. Tanaman yang ditanam dengan menggunakan metode hidroponik menghemat tempat serta air yang digunakan untuk menyiram tanaman. Dalam penanaman hidroponik, biasanya akan menggunakan wadah rumah tangga seperti ember, gelas plastik, dan dapat pula menggunakan paralon yang telah dilubangi.

Cara membuat wadah ukup mudah, dengan membuat lubang pada paralon di bagian atas. Lalu masukan air beserta tanaman kedalamnya. Jangan lupa untuk menambahkan kain yang menjulur ke bawah untuk menyerap larutan.

Larutan natrium yang digunakan untuk penanaman hidroponik harusdiperhatikan. Dengan menambahkan penggelembung udara atau aereator , biasanya memakai pompa air yang digunakan untuk aquarium.

Sebenarnya penggunaan aereator tidak terlalu penting, namun alat tersebut dapat membantu larutan nutrisi yang berada di bawah agar tidak terus mengendap. Pemberian nutrisi dapat dilakukan sesuai dengan yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran TDS. Untuk mengukur berapa banyak larutan yang diberikan , dapat menggunakan alat ukur TDS meter.

Karena tidak memakai media tanah, tanaman hidroponik lebih tahan terhadap penyakit dan juga hama. Selain itu, tanaman hidroponik tidak menggunakan bahan kimia untuk membunuh hama yang menyerang tanaman.

Lahan yang sempit tidak membuat hasil dari media hidroponik sedikit. Hidroponik dapat menghemat tempat, tidak seperti media tanam dari tanah yang harus memerlukan lahan yang cukup luas untuk menanam.

Hidroponik biasanya akan menggunakan paralon, paralon yang memanjang tersebut akan ditata sedemikian rupa agar dapat menghemat lahan tanam. Tanaman hiroponik juga dapat di letakan di daerah yang gersang dan tidak memiliki kualitas tanah yang baik. Hal ini dikarenakan hiroponik merupakan tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanam.

Lahan tanaman tidak akan ditumbuhi rerumputan atau lumut. Hal ini dikarenakan lahan yang digunakan merupakan media air. Tenaga kerja yang diperlukan untuk menanam tanaman hidroponik juga tidak terlalu banyak.

Tanaman hidroponik tidak memerlukan pembajak sawah, karena menggunakan media air saja.

Incoming search terms:

  • hidroponik paralon