Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

1 min read

Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil – Bagi ibu hamil mungkin sudah sering mendengar pro kontra tentang larangan mengkonsumsi susu kedelai bagi ibu hamil. Bahkan banyak rumor yang beredar bahwa mengkonsumsi susu kedelai bagi ibu hamil dapat membahyakan kandungan hingga keguguran, oleh karena itu banyak yang meninggalkannya. Namun apakah benar demikian?

Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Di kalangan masyarakat kita, susu kedelai bukan lagi merupakan minuman yang baru, bahkan susu kedelai ini memiliki banyak nama mulai dari jus kedelai, soy milk atau soya milk dikonsumsi hampir di seluruh di negara negara barat. Bagi Anda yang menjalani pola hidup vegetarian maka mengkonsumsi susu kedelai dapat menjadi solusinya.

Seperti halnya susu sapi, susu kedelai asli juga mempunyai banyak manfaat untuk Anda bahkan untuk ibu hamil. Namun bagi ibu hamil dengan usia kandungan mulai dari satu sampai tiga bulan sebaiknya perlu membatasi konsumsinya karena kandungan phytoestrogen yang terdapat pada susu kedelai dapat meningkatkan resiko keguguran.

Kandungan phytoestrogen dalam susu kedelai berasal dari tumbuhan sedangkan estrogen di produksi oleh tubuh kita sendiri. Anggapan berbahaya ini apabila estrogen pada trimester pertama dapat memicu kontraksi pada rahim, hal ini disebabkan karena perekat rahim yang belumlah sempurna.

Walaupun demikian bila ibu hamil yang telah melewati masa trimester pertama maka mengkonsumsi susu kedelai dalam jumlah wajar maka tidaklah masalah. Anda juga tidak perlu khawatir juga kalau susu kedelai yang Anda produksi palsu karena biasanya produsen susu kedelai sudah menggunakan alat uji kualitas susu kedelai atau refraktometer untuk susu kedelai.

Dengan alat ini produsen dapat memastikan bahwa susu kedelai yang diproduksi memiliki kualitas yang baik. Susu kedelai murni memiliki banyak manfaat untuk kita, hal ini karena susu kedelai yang asli mengandung :

1. Kandungan asam folat
Kandungan asam folat yang terkandung pada susu kedelai ini mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil. Asam folat mempunyai manfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama pada sel saraf janin. Dengan perkembangan sel saraf yang optimal maka potensi kecerdasan bayi juga akan meningkat.

2. Kandungan vitamin
Susu kedelai mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, Vitamin E dan juga Vitamin B yang akan membantu menjaga kebugaran ibu hamil selama proses kehamilan.

3. Protein
Susu kedelai juga mengandung banyak protein yang dapat membantu menjaga kesehatan organ dalam ibu hamil selama kehamilan. Kandungan protein ini juga akan membantu dalam mengoptimalkan perkembangan organ janin dalam kandungan.

4. Karbohidrat
Ibu hamil tentu akan membutuhkan energi lebih dari biasanya, oleh karena itu kandungan karbohidrat dalam susu kedelai juga akan membantu ibu hamil dalam pemenuhan asupan karbohidrat sebagai sumber tenaga.

5. Lemak nabati
Kandungan lemak nabati ini merupakan salah satu keunikan dari susu kedelai yang tidak ada pada susu sapi. Lemak nabati ini berperan untuk memerangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, dan mungkin saja ibu hamil juga memiliki kadar kolesterol juga.

Meskipun harganya lebih murah dari harga susu sapi, namun khasiat dari susu kedelai jug bagus untuk kesehatan. Cobalah untuk mengkonsumsi susu kedelai secara rutin.

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Pengertian dan Fungsi Besi Beton

Pengertian dan Fungsi Besi Beton – Besi beton atau yang biasa disebut beton bertulang adalah besi yang digunakan dalam pembuatan beton untuk kebutuhan tulangan...
akubeni1
1 min read

Perbedaan Garam Laut dan Garam Dapur Biasa

Perbedaan Garam Laut dan Garam Dapur Biasa – Mungkin selama ini Anda mengira kalau garam itu sama saja, namun sebenarnya ada sekitar 5 jenis...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *