Cara Membuat Sabun Cair

1 min read

Cara Membuat Sabun Cair – Sabun cair merupakan bentuk sabun yang memiliki tekstur yang lembut dan cair. Meski cair, sabun ini memiliki kekentalan yang baik serta beberapa varian, seperti sabun cair mandi, cuci piring, sabun cair untuk mencuci baju.

Cara Membuat Sabun Cair
Cara Membuat Sabun Cair

Telah banyak yang menggunakan sabun cair dalam kehidupan sehari hari. Sabun cair telah banyak diproduksi oleh banyak perusahaan. Meski begitu banyak pula yang memiliki kelemahan.

Sabun cair juga dapat dibuat sendiri di rumah. Untuk mengurangi biaya yang keluar hanya karena sabun mandi misalnya. Dengan membuat sabun cair sendiri di rumah, kita juga dapat menambah beberapa bahan yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan.

Beberapa cara berikut adalah cara membuat sabun cair sendiri di rumah :

  1. Bila ingin membuat sabun, kita harus memperhatikan sabun apa yang akan dibuat. Missal sabun wajah dapat menggunakan sabun batang khusus untuk wajah. Untuk sabun cuci tangan akan digunakan sabun antiseptic, dan sabun mandi menggunkan sabun cair dengan pelembab.
  2. Setelah itu parut sabun batang menggunakan parutan keju. Setelah itu parutan sabun telah dihasilkan, jika akan membuat banyak sabun, maka dapat menggunakan lebih banyak sabun batang.
  3. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan parutan sabun. Selain itu, dapat menggunakan microwave, letakan air dalam wadah lalu biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan parutan sabun dalam wadah, dan masukan kembali ke dalam microwave. Biarkan hingga meleleh.
  4. Tambahkan glycerin untuk sabun, agar sabun lebih lembab dari sabun batang.
  5. Tambahkan beberapa tetes pelembab, untuk sabun mandi. Selain itu tambahkan pula minyak atsiri tea tree dan lavender sebagai antiseptic. Tambahkan sedikit pewarna makanan, gunakan pewarna makanan yang bukan kimiawi. Agar tidak memberi efek pada kulit.
  6. Untuk memperoleh kekentalan sabun yang pas, dapat diperoleh dengan mengaduk campuran yang telah melalui proses blender. Aduk dengan kuat, namun jika tidak menggunakan blender, dapat mencempurkan air dan aduk dengan kuat.

Untuk mengukur kekentalan pada sabun, dapat menggunakan viscometer.

  1. Simpan sabun dalam wadah tertutup hingga dingin. Setelah dingin merata, baru masukan dalam wadah berpompa.

Tips dan cara pembuatan sabun cair diatas bisa Anda coba sendiri dengan membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Kombinasikan dengan parfum atau aroma yang Anda sukai untuk dicampurkan kedalam sabun cair yang Anda buat.

Incoming search terms:

  • Bisa kah pewarna makanan buat sabun cair
  • cara membuat sabun cuci piring
  • bahan pelembab untuk sabun cuci piring
  • cara membuat sabun cair
  • cara membuat sabun muka cair
  • membuat sabun cuci baju cair sendiri
  • resep membuat sabun

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Pengertian iman kepada malaikat adalah salah satu pengertian yang harus diketahui dan dipahami oleh umat islam. Ada 6 rukun iman yang semuanya wajib diketahui,...
akubeni1
2 min read

Tips Mudah Untuk Menanam Wortel

Tips Mudah Untuk Menanam Wortel – Wortel adalah salah satu sayur dengan kandungan vitamin A terbanyak. Wortel memiliki peranan yang penting untuk tubuh manusia....
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *