Cara Menanam Sawi

Cara Menanam Sawi – Sawi hijau merupakan jenis sayuran yang banyak dibudidayakan, selain permintaannya yang tinggi juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Bagi para pemula yang ingin membudidayakan sawi hijau ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Cara Menanam Sawi

Berikut adalah cara bertanam sawi yang baik dan benar :

Syarat Tumbuh Tanaman Sawi

Sawi merupakan tanaman yang dapat dibudidayakan di dataran tinggi dan rendah sekalipun, namun pada umumnya sawi banyak ditanam pada daerah dataran rendah mulai dari 5 – 1.200 mdpl. Ada beberapa persyaratan agar tanaman sawi dapat tumbuh dengan baik yaitu :

1. Saat sawi masih dalam masa bibit, sawi hanya membutuhkan intensitas cahaya matahari yang tidak perlu terlalu kuat, karenanya bibit sawi membutuhkan naungan

2. Kemudian barulah pada masa pertumbuhannya sawi membutuhkan intensitas cahaya matahari yang kuat sehingga naungan yang semula dipasang dapat Anda singkirkan dahulu, pada masa ini setidaknya sawi membutuhkan penyinaran selama 10 – 13 jam

3. Budidaya sawi sebaiknya dilakukan pada daerah dengan suhu udara 15°C – 32°C dan dengan kelembaban udara sekitar 80 – 90%

4. Pastikan tanah yang digunakan memiliki pH yang netral, Anda dapat mengujinya menggunakan soil pH meter. Bila tanah terlalu asam maka Anda perlu melakukan pengapuran lahan lebih dahulu. Beli ph meter di Toko jual ph meter.

Benih Bibit Tanaman Sawi

Bila Anda memiliki lahan seluas 1 hektar maka Anda membutuhkan bibit sekitar 450 – 750 gram benih bibit dan pilihlah bibit sawi yang berbentuk bulat dengan permukaan mengkilap serta agak keras berwarna coklat kehitaman.

Lahan Tanam Tanaman Sawi

Sebelum lahan digunakan Anda perlu mengolahnya dengan menggemburkannya dan membuat bedengan. Anda harus membersihkan rumput dan gulma yang terdapat pada lahan tersebut kemudian barulah Anda gemburkan dengan cangkul atau traktor.

Setelah itu buatlah bedengan dengan ketinggian berkisar antara 20 – 30 cm dengan lebar bedengan sekitar 1 meter dan panjang sesuaikan dengan panjang lahan. Setiap bedengan diberi jarak sekitar 40 cm. Kemudian lakukan pemupukan menggunakan pupuk kompos dengan dosis sekitar 100 kilogram untuk per 100 m2 kemudian beri pupuk cair sekitar 1 liter air per 10 ml.

Uruglah bedengan tersebut menggunakan tanah lagi dan diamkan selama 3 hari untuk siap ditanami. Sebenarnya bila Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas Anda dapat menggunakan pot, polybag atau rak vertikultur.

Penanaman Sawi

Diamkan lahan lebih dahulu selama 3 hari kemudian buat lubang sekitar 15 cm dan antar baris berjarak sekitar 20 cm barulah masukkan 1 – 2 bibit pada setiap lubangnya kemudian lakukanlah penyiraman.

Tags: