Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia – Insomnia merupakan masalah kesulitan tidur yang cukup merepotkan karena dapat berakibat adanya rasa lelah yang berkelanjutan sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ketika seseorang merasakan insomnia maka gangguan sulit tersebut dapat
menyebabkan kantuk yang berkelanjutan di siang harinya. Sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit yang menghampiri tubuh seperti sakit kepala, pegal-pegal, lemah, lesu, dan lainnya.

Ada beberapa penyebab terjadinya insomnia pada seseorang, biasanya stress,
salah mengkonsumsi obat, atau terlalu banyak tidur siang sehingga dapat menyebabkan segarnya ketika malam hari.

Lalu bagaimana jika seseorang yang sudah mengalami insomnia berniat untuk mengatasinya? Cukup banyak cara mengatasi insomnia yang dapat dilakukan oleh seseorang agar tidur malamnya dapat dilakukan sesuai dengan biasanya.

Tips Mengatasi Insomnia

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi insomnia yang dapat terbukti efektif membuat Anda cepat tidur nyenyak. Sehingga dengan beberapa cara ini Anda dapat tidur dengan nyenyak dan terhindar dari penyakit yang dapat menyertai Anda nantinya.

1. Mengkonsumsi obat tidur
Cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah dengan
mengkonsumsi obat tidur, dimana obat tidur ini dapat membantu cara mengatasi
insomnia Anda. Namun, lebih baik Anda mengkonsumsi obat tidur herbal, sebab
obat tidur berbahan kimia dapat menyebabkan efek samping yang cukup berbahaya bagi kesehatan dan berjangka panjang.

2. Mengurangi cahaya
Studi menyebutkan bahwa kebanyakan orang yang mengalami susah tidur
diakibatkan oleh lampu yang terlalu terang. Sehingga orang yang dengan lampu
yang menyala akan memilihi resiko terkena penyakit tertentu.

Dengan begitu untuk mengatasi insomnia Anda dapat mengurangi cahaya yang berasal dari lampu yang terlalu terang. Bisa saja Anda menggunakan lampu tidur yang redup sehingga tidak mengganggu tidur Anda, atau bila perlu Anda mematikan lampu agar tidur dengan nyenyak.

3. Hindari suara berisik
Salah satu cara mengatasi insomnia tanpa obat tidur adalah dengan menghindari
suara yang berisik. Selain kendaraan di luar rumah, suara berisik yang paling dekat dengan Anda yang dapat menyebabkan tidur Anda terganggu adalah jam.

Jam di kamar cukup mengakibatkan adanya gangguan tidur. Lebih baik Anda menggunakan jam yang tidak berbunyi atau memindahkan jam ketika tidur sehingga Anda tidak akan terganggu.

Namun kebanyakan orang membutuhkan jam ketika bangun, sehingga lebih baik gunakan jam yang tidak menghasilkan bunyi yang sangat besar yang dapat mengganggu tidur Anda.

4. Menghindari kafein
Seperti yang Anda ketahui bahwa kafein dapat membuat menghalangi tidur Anda.
orang yang akan bekerja semalaman, bahkan bekerja di jam siang agar tidak
mengantuk biasanya orang akan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mempunyai insomnia lebih baik sejak sore hari tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein agar tidur Anda tidak terganggu. Cara mengatasi insomnia dengan menghindari kafein ini cukup efektif, sebab kafein merupakan salah satu cara yang dapat menghentikan rasa kantuk Anda.

5. Pilih kasur yang sesuai
Insomnia juga dapat disebabkan karena kasur yang tidak sesuai, oleh sebab itu
banyak orang yang lebih memilih kasur yang cukup nyaman sehingga dapat
membuat rasa kantuk muncul.

Oleh sebab itu cara mengatasi insomnia salah satunya adalah dengan mengganti kasur, bantal, dan guling yang sesuai yang membuat Anda nyaman. Sehingga dengan begitu tidak hanya akan membuat rasa kantuk saja, tetapi juga akan membuat Anda terhindar dari penyakit punggung sebab kasur juga baik untuk menompang tulang.

6. Alat elektronik
Alat elektronik juga dapat membuat Anda susah tidur, sama halnya dengan suara-
suara lain. Misalnya saja televisi dan juga komputer, lebih baik jika Anda akan tidur maka matikan semua alat elektronik sehingga tidak akan mengganggu tidur Anda.

Tidak hanya televisi dan komputer saja, ponsel juga sebaiknya dijauhkan ketika
Anda akan tidur. Sebab ketika ada pesan masuk meskipun ponsel sudah dimatikan
tetap saja akan ada cahaya muncul yang dapat mengakibatkan Anda terbangun dan
tidak tenang untuk mengecek ponsel.

7. Kesegaran udara
Kesegaran udara juga dapat menjadi salah satu penyebab dari sulit tidur. Kesegaran udara cukup penting untuk kualitas tidur Anda, karena udara yang kotor dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Bahkan dengan udara yang kotor dan juga adanya polusi dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan Anda sehingga dapat menyebabkan beberapa penyakit pernapasan bagi Anda.

Oleh sebab itu lebih baik Anda mengaktifkan sedikit menyejuk ruangan atau membuka jendela agar udara masuk cukup 30 menit sebelum tidur saja, setelah itu Anda boleh menutupnya kembali. Dengan jendela yang selalu tertutup juga akan membuat pengap lingkungan kamar Anda sehingga tidak baik juga untuk kesehatan Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang dapat menjadi referensi bagi Anda. Selain itu juga Anda harus tetap menjaga pola makan, dan makanan yang Anda konsumsi sehingga meskipun Anda kurang tidur kesehatan Anda juga akan masih tetap terjaga. Oleh karena itu lebih baik jauhi penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan insomnia.