Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

1 min read

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan – Kucing tidak mau makan memang membuat pemiliknya menjadi khawatir. Apalagi jika si meong tidak mau makan hinga berhari-hari. Anda pun juga tidak tahu apa yang menyebabkan si kucing jadi tidak mau makan.

Jika manusia mungkin masih bisa ditanyai alasan mengapa tidak mau makan. Namun bagaimana dengan kucing? Tentu saja hal ini susah mengingat Anda pun juga tidak paham bahasa mereka. Perlu diketahui bahwa kucing berbeda dengan hewa lainnya.

Hewan lucu yang lebih gampang terkena penyakit jika dia tidak mau makan bahkan satu hari saja. Mengapa? Karena pada saaat si meong tidak mau makan, maka energi yang dihasilkan untuk tubuhnya akan diambil dari lemak yang tersimpan pada tubuh si kucing. Namun hal ini tidak efisien dan membahayakan nyawa kucing Anda.

Menurut sumber, jika kucing tidak mau makan dan dia menggunakan lemak pada tubuhnya untuk pengganti energi, maka hal tersebut dapat merusak organ hati si kucing dan dapat mengakibatkan kematian. Lalu mengapa kucing Anda tidak mau makan? Ada beberapa alasan mengapa kucing Anda jadi mohok makan, antara lain:

1. Tidak suka dengan makanannya

Sama seperti manusia, kucing pun jika diberikan makanan yang tidak sukai juga tidak akan mau memakannya. Selain tidak suka, bisa jadi kucing Anda merasa bosan karena Anda hanya memberikan makanan kucing yang itu-itu saja. Karena itulah selalu ganti makanan kucing selama beberapa hari sekali agar dia tidak bosan.

2. Terkena penyakit mulut

Jika makanan bukan masalah bagi si kucing, bisa jadi kucing tidak mau makan karena mempunyai penyakit mulut. Bukalah mulut kucing untuk melihat apakah ada luka di dalam mulutnya atau tidak. Cek juga bau mulut si kucing. Jika bau maka artinya dia sedang terkena infeksi mulut atau mungkin sedang sakit.

3. Nafsu makan menurun

Bisa jadi kucing Anda menjadi tidak doyan makan karena nafsu makannya sedang menurun. Jika memang benar demikian maka Anda bisa memberikan dia vitamin atau suplemen makanan untuk menambah nafsu makan.

4. Gangguan sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang terganggu pun juga bisa menyebabkan si meong tidak mau makan. Karena itulah cek apakah dia mengalami radang, apakah ada benda asing dalam tubuhnya, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan?

1. Pancing nafsu makannya

Bagaimana cara memancing nafsu makan si kucing? Anda hanya cukup menyodorkan makanan di depan hidungnya atau dengan mengoleskan makanan ke hidung atau mulutnya.

Dengann adanya bau makanan dan wujud makanan yang nyata di depannya, maka nafsu makan si kucing diharapkan dapat terpancing.

2. Berikan makanan yang berbeda

Bisa jadi kucing Anda tidak doyan makan karena tidak suka atau bosan dengan makanan yang Anda berikan. Karena itulah variasi makanan untuk kucing Anda harus dilakukan.

Dengan memberikan berbagai jenis makanan kucing, maka si meong tidak akan bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Selain itu, dengan memberikan makanan yang bervariasi, Anda jadi tahu mana makanan yang disukai si kucing dan mana yang tidak.

3. Suapi kucing

Saat kucing Anda sakit sehingga tidak mau makan, maka Anda bisa memberikan dia makan dengan menyuapi kucing Anda. Gunakan sendok kecil untuk menyuapinya. Namun jika Anda memberikan makanan kering, kami sarankan untuk menghancurkannya terlebih dahulu dengan air hangat.

Semoga dengan tips ini maka kucing tidak mau makan akan menjadi semangat kembali untuk makan.

Kontruksi Gedung Dubai

Kontruksi Gedung Dubai – Siapa yang tidak mengenal Dubai, sebuah ibu kota negara di Uni Emirate Arab yang sangat terkenal sebagai negara penghasil minyak...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Menjernihkan Air

Menjernihkan Air – Air merupakan saah satu sumber kehidupan manusia. Dengan adanya air, kebutuhan mineral dan kebutuhan lainnya akan terpenuhi. Namun, bagaimana jika air...
lindanw15
1 min read

Olahraga Sky Diving

Olahraga Sky Diving – Sky Diving sendiri merupakan sebuah olahraga yang tergolong ektrim. Mengapa tergolong ekstrim, karena olahraga ini dilakukan diudara dan menggunakan perlatan...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *