Cara Menghilangkan Kutu Kucing

1 min read

Cara Menghilangkan Kutu Kucing – Bulu kucing yang lebat membuatnya sangat mudah terserang kutu. Jika Anda mulai melihat kucing Anda menggaruk-garuk badangnya terlalu sering, maka sudah pasti ia terserang kutu. Hal ini tidak bisa Anda biarkan begitu saja karena terlalu sering menggaruk akan menyebabkan kulitnya luka dan mudah terkena infeksi.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Bahkan, kutu kucing juga bisa menggigit manusia. Maka dari itu, Anda perlu mencari cara agar bisa menghilangkan kutu kucing yang bisa dilakukan dari rumah seperti di bawah ini.

Memandikan dengan shampoo anti kutu secara rutin

Salah satu cara menjaga kebersihan diri adalah dengan mandi. Tidak seperti manusia, kucing tidak perlu dimandikan setiap hari, tetapi cukup sebulan sekali secara rutin. Gunakan shampoo anti kutu agar lebih ampuh membasmi kutunya.

Setelah mandi, jangan lupa menyisiri bulunya dengan sisir anti kutu atau yang bergigi rapat yang bisa menyapu bulunya yang rontok dan kutu-kutunya. Lakukan secara rutin setidaknya setiap seminggu sekali.

Mengoleskan minyak telon

Walaupun terdengar aneh, tapi minyak telon banyak di ampuh mengatasi kutu kucing. Bau minyak telon yang cukup menyengat tidak disukai oleh kutu kucing. Meskipun demikian, jangan sampai Anda mengusapkan terlalu banyak agar tidak membuat kucing Anda keracunan. Cukup diusapkan di bagian tubuh yang tidak bisa dijilati kucing Anda, seperti di bagian leher.

Menyemprotkan air lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai kutu kucing. Untuk mendapatkan semprotan dasar air lemon, Anda bisa merebus potongan lemon dengan air hingga mendidih. Biarkan rebusan lemon dingin hingga semalaman. Saring air lemon dan masukkan ke dalam botol semprot. Anda bisa menyemprotkan langsung ke bulu kucing.

Menyemprotkan cairan cuka apel

Bahan yang murah dan mudah didapatkan untuk mengatasi kutu kucing adalah cuka apel. Baunya yang menyengat bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu kucing. Caranya, campurkan air cuka apel dengan air hangat secukupnya hingga tercampur rata. Masukkan ke dalam botol semprot dan aplikasikan ke badan kucing yang banyak kutunya.

Menyemprotkan spray anti kutu

Anda bisa membelinya di pet shop atau dokter hewan. Karena spray anti-kutu cukup keras, Anda perlu berhati-hati ketika memakaikannya. Baca secara teliti aturan pemakaian di wadahnya. Hindari menyemprotkan ke daerah mata, hidung, dan mulut.

Berendam di air garam

Larva dan telur kutu kucing bisa juga diatasi dengan air garam. Ketika hendak memandikan kucing, cobalah merendamnya di air garam yang hangat selama beberapa menit. Pastikan bahwa badannya, kecuali kepala, benar-benar terendam agar seluruh kutu di badan bisa teratasi.

Selalu menjaga kebersihan sekitarnya

Ketika gatal karena kutu, kucing akan sering menggaruk sehingga bulunya akan mudah rontok dimana saja. Bulu yang rontok ini mungkin saja masih ditempeli telur kutu. Jadi, Anda perlu sering-sering membersihkan dengan penyedot debu seperti di lantai, karpet, sofa, Hal ini untuk mencegah agar kutu tidak berkembangbiak dan singgah ke bulu kucing lagi, apalagi ke manusia.

Selain itu, Anda bisa menaburkan tanah diatom di sekitar rumah termasuk di dekat kandangnya. Tanah diatom sering digunakan karena berguna mengusir kutu kucing di sekitar rumah. Anda bisa membelinya dengan mudah di pet shop atau toko online.

Kucing yang berkutu menandakan bahwa kebersihannya kurang terjaga. Oleh karena itu, sebagai pemilik yang baik, Anda harus sering merawat kebersihan kucing Anda sehingga ia terhindar dari kutu-kutu yang mengganggu.

Incoming search terms:

  • cara menghilangkan kutu kucing
  • kutu kucing
  • obat menghilangkan kutu kucing

Kelebihan Jalan Beton Dibanding Jalan Aspal

Kelebihan Jalan Beton Dibanding Jalan Aspal – Jalan yang sering ditemui merupakan jalan aspal. Namun, banyak pula dikota besar maupun daerah yang memakai jalan...
lindanw15
1 min read

Cara Membuat Hujan Buatan

Cara Membuat Hujan Buatan – Hujan merupakan peristiwa alami yang terjadi di bumi kita yang merupakan turunya tetesan air yang berasal dari awan yang...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *