Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi

Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi – Kulit yang kering pada bayi membuat bayi tidak nyaman. Sama seperti pada orang dewasa, kulit kering pada bayi dikarenakan kadar air yang tidak tercukupi. Lalu bagaimana cara mengatasi kulit kering pada bayi?

Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi
Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi

Bayi lahir umumnya memiliki kulit yang sehat, lembab dan halus. Namun, hal tersebut bisa berbalik menjadi kulit kering. Kulit yang kering disebabkan karena suatu hal yang membuat bayi memiliki kulit yang kering dan bersisik.

Tentunya tidak akan menginginkan hal tersebut. Pada orang dewasapun, kulit kering sangat mengganggu apalagi jika untuk kulit bayi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Orang Dewasa

Untuk mengatasi kulit yang kering dan bersisik pada bayi, dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk membantu melembabkan kulit bayi yang kering. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Berikan pelembab

Banyak pelembab bayi yang beredar di pasaran, pilihlah pelembab yang tidak mengandung propylene glycol, lanolin, zat pengawet, atau pewangi yang menyebabkan kulit bayi yang sensitive menjadi semakin kering.

Pemberian pelembab ini dimaksudakan untuk membantu menjaga kelembaban kulit bayi. Jika kulit bayi memang kering, maka pelembab akan membantu melembabkan kulit bayi. Pemilihan pelembab yang tepat mampu menjaga kesehatan kulit bayi.

Beberapa pelembab khusus untuk bayi sangat cocok digunakan. Gunakan pelembab bayi secara rutin, dan setiap musim dingin.

2. Hindari penggunaan air panas

Penggunaan air mandi yang sesuai untuk bayi harus diperhatikan. Air yang digunakan untuk mandi bayi tidak boleh terlalu dingin dan terlalu panas. Hal yang menyebabkan kulit bayi menjadi kering adalah karena penggunaan air yang panas.

Sama seperti orang dewasa, air yang panas membuat kulit menjadi kering. Untuk mengukur kelembaban kulit dapat menggunakan alat ukur kelembaban kulit.

3. Keringkan badan bayi dengan benar

Cara mengerigkan badan bayi yang benar sangat mempengaruhi kelembaban. Jangan menggosok badan bayi menggunakan handuk secara keras. Hanya denga mengusapnya perlahan, badan bayi akan kering dengan cepat.

4. Pakaian yang sesuai

Untuk kulit bayi yang sensitive dibutuhkan bahan kain yang memiliki sirkulasi udara, agar kulit bayi dapat bernafas. Gunakan pakaian berbahan katun, jangan memakaikan kain berbahan nylon, wool, dan bahan sintetis lain.

Incoming search terms:

  • atasi kulit kering bayi
  • kulit bersisik pada bayi
  • pelembab untuk kulit kering pada bayi

Tags: