Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering – kulit merupakan salah satu asset berharga. Terutama bagi kaum hawa. Kulit yang sehat sangat diidamkan. Kulit manusia memiliki sifat yang berbeda, dari kering, lembab, berminyak dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kulit Kering
Cara Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering mengganggu percaya diri seseorang. Kulit kering memiliki tekstur yang kasar dipermukaan kulit yang terbuka. Biasanya kulit kering terjadi akibat kulit terluar kekurangan kelembaban kulit.

Penderita kulit kering memiliki fase yang berbeda. Penderita kulit kering bisa saja hanya sementara waktu, ada juga yang pengidap kulit kering semasa hidupnya.

Jika ragu menebak jenis kulit yang dimiliki dapat menggunakan alat moisture meter, tepatnya di alat ukur kadar air kulit.

Beberapa hal dibawah ini dapat membantu mengatasi kulit kering yang disebabkan karena gejala yang dialami. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Ubah frekuensi dan durasi mandi

Seorang yang memiliki kulit kering tidak dianjurkan untuk mandi melebihi 10 menit dan kurang dari 5 menit. Mandi yang terlalu sering tidak baik untuk penderita kulit kering.

Minyak alami yang ada pada kulit akan hilang karena terlalu sering mandi, pastikan mandi setiap hari, namun jangan terlalu sering.

  • Sabun pelembab

Banyak yang tidak mengetahui kandungan dalam sabun mandi. Antara sabun mandi dengan sabun muka itu berbeda. Sabun mandi memiliki sifat basa yang tidak cocok untuk wajah.

  • Pelembab setelah mandi

Pemakaian pelembab setelah mandi dapat dilakukan untuk memaksimalkan mengatasi kulit yang kering. Gunakan produk yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.

Pastikan pula produk yang digunakan memiliki komposisi yang alami dan tidak merusak kulit dalam jangka panjang.

  • Hindari panas berlebih

Sinar ultraviolet oleh matahari menyebabkan beberpa kerusakan kulit. Dengan terpapar sinar matahari, kulit menjadi kering, bersisik dan bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Tubuh membutuhkan banyak cairan. Konsumsi air ditargetkan untuk meminum -3 liter air per hari. Kekurangan cairan akan menyebabkan kulit kering, bersisik, pecah pecah dan banyak lagi.

  • Olahraga rutin

Penderita kulit kering jarang berolah raga. Keringat yang keluar saat olahraga dapat membantu melembabkan kulit.

  • Pola hidup sehat

Pastikan konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dapat membantu menjaga kulit.

Selain itu hindari rokok dan asapnya, meski tidak merokok asap rokok menghambat produksi kelenjar minyak.