Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Melihat Komputer

Banyak sekali yang mengeluhkan mata sakit dan lelah karena terlalu lama melihat layar komputer. Bagi orang yang bekerja dengan memanfaatkan teknologi komputer tentu melihat layar monitor pada komputer adalah ‘makanan’ sehari-hari. Mengatasi mata lelah tidak harus pergi kedokter namun salah satu caranya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Melihat Komputer

Seperti sebuah mesin, jika mesin tersebut dipaksa terus untuk bekerja keras setiap hari makan akan cepat rusak. Begitu pula dengan mata yang secara terus-menerus Anda paksa untuk menatap layar komputer seharian. Namun tips sederhana dibawah ini akan membantu Anda mengurangi dan mengatasi mata lelah yang disebabkan oleh aktivitas menatap layar komputer terlalu lama.

Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Komputer

1. Istirahat
Istirahat merupakan sebuah kewajiban ketika Anda melakukan hal apapun itu. Seperti setelah menatap layar komputer cukup lama, sebaiknya Anda mengistirahatkan terlebih dahulu mata Anda. Istirahat ini dapat dilakukan dengan memandang sesuatu yang lain yang dapat menyegarkan mata. Memaksakan mata untuk terus menatap layar komputer hanya akan menjadikan tidak fokus bahkan membuat kepala Anda ikutan sakit.

2. Berkedip
Meskipun berkedip ini sering Anda lakukan, namun pada saat Anda menatap layar komputer dan mengerjakana sesuatu tentu mata akan sangat jarang sekali berkedip. Oleh karena itu beristirahat dengan berkedip beberapa kali sebelum melanjutkan kembali untuk menatap layar komputer. Meskipun cara ini terkesan sepele namun cara ini merupakan cara yang efektif untuk mengistirahatkan mata dan membuatnya menjadi lebih segar.

3. Kendurkan Otot Mata
Untuk mengendurkan otot mata ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan menggosok-gosokan kedua telapak tangan Anda hingga mengeluarkan panas. Setelah mengeluarkan panas, tempelkan kedua telapak tangan Anda pada mata Anda.

Pada saat tangan Anda melakukannya pejamkan mata Anda secara rileks dan rasakan hangatnya telapak tangan Anda. Dengan cara ini mata Anda bisa menjadi rileks kembali.

4. Pijat Mata Anda
Proses pemijatan pada area mata ini bukan seperti memijat pada bagian badan seperti punggung namun pemijatan ini harus berhati-hati dan dilakukan secara halus. Pijatlah pada area kelopak mata secara halus dan melingkar. Cara ini bisa juga dilakukan menjelang tidur malam hari. Dengan melakukan pemijatan ini mata Anda akan kembali rileks dan lebih segar.

5. Gunakan Irisan Mentimun
Jika pada iklan atau film di TV Anda sering melihat irisan mentimun yang digunakan untuk mentupi area kedua mata pada saat menjelang tidur, begitulah caranya. Namun sebelum mentimun digunakan, terlebih dahulu mentimun dicuci dan dimasukan kedalam kulkas hingga dingin. Baca Juga : Manfaat Tomat Mentah Bagi Kesehatan

Untuk cara penggunaanya cukup mudah, dengan menempelkan irisan mentimun pada area mata. Lakukan hal ini sebelum tidur dan pejamkan mata Anda saat melakukannya. Cara ini tidak hanya dapat menyegarkan mata namun dapat menghilangkan mata sembab akibat begadang.

 

Incoming search terms:

  • Mata lelah setelah berkedip2 segar kembali