Tips Menjaga Tulang

1 min read

Tips Menjaga Tulang – Tulang merupakan suatu organ penting yang harus ada dalam tubuh. Tulang membantu menopang tubuh manusia, selain itu tulang merupakan pelindung yang sangat penting untuk melindungi organ vital seperti paru paru, otak dan lainnya.

Tips Menjaga Tulang
Tips Menjaga Tulang

Kepadatan tulang harus selalu dijaga untuk melindungi fungsi tulang. Jika tulang tidak terlindungi, maka beberapa masalah akan diperoleh. Masalah tulang merupakan masalah yang harus ditindak lanjuti dengan benar.

Seperti pepatah, lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Seperti itulah yang harus dilakukan manusia dalam menjaga kesehatan, termasuk kesehatan tulang. Untuk menjaga agar tulang lebih sehat serta terhindar dari beberapa resiko penyakit berbahaya yang menyerang tulang, disarankan untuk melakukan hal hal yang bermanfaat untuk tulang.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan biaya yang mahal. Beberapa resiko seperti osteoporosis berbahaya untuk kesehatan tulang. Maka dari itu, perlu adanya pola hidup yang sehat agar tulang dapat terjaga kepadatannya.

Tips untuk menjaga tulang agar tetap sehat :

  • Asupan kalsium dan vitamin D

Pada hal ini tulang sangat membutuhkan berbagai asupan. Salah duanya adalah asupan vitamin D serta kalsium yang banyak dibutuhkan untuk membantu menjaga kepadatan tulang.

Makanan yang mengandung banyak vitamin D dan kalsium adalah susu. Susu dapat membantu menjaga kepadatan tulang karena kandungan vitamin D serta kalsium yang berlimpah. Kita dapat memperoleh kalsium dan vitamin D dengan mengkonsumsi susu secara teratur.

Susu murni yang masih segar memiliki kandungan vitamin yang banyak pula. Biasanya susu memiliki pH yaitu 6,5 hingga 6,7. Untuk mengukurnya, dapat menggunakan pH meter.

Selain susu, berjemur pada pagi hari baik untuk menguatkan tulang dan mengurangi resiko osteoporosisi. Lakukan kegiatan tersebut pada pagi hari, sebelum jam 10 pagi.

  • Aktifitas fisik

Dengan melakukan aktifitas fisik, tulang dapat terjaga agar tetap kuat. Latihan fisik dapat dilakukan dengan berolahraga, lakukan minimal 30 menit setiap harinya. Kekurangan aktifitas fisik dapat membuat tulang menjadi rapuh.

  • Hindari rokok dan alcohol

Rokok dapat menghambat penyerapan kalsium. Hal tersebut dikarenakan rokok, tulang tidak dapat menyerap asupan kalsium yang dibutuhkan tulang. Begitu pula dengan alcohol yang selain berbahaya bagi tubuh, juga berpengaruh bagi kepadatan tulang. Pecandu alcohol beresiko lebih besar mengalami osteoporosis dibanding yang tidak mengkonsumsinya.

Cara Mendeteksi Kanker Melalui Tes Darah

Cara Mendeteksi Kanker Melalui Tes Darah – Metode biopsi merupakan cara terbaik untuk dapat mendeteksi kanker hingga saat ini. Metode ini dilakukan dengan menganalisa...
akubeni1
1 min read

Manfaat Jahe Merah

Berbagai Macam Manfaat Jahe Merah yang Menakjubkan – Indonesia merupakan Negara yang terkenal akan kaya rempah. Sudah menjadi sebuah kenikmatan tersendiri memiliki sumber rempah...
akubeni1
2 min read

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Air

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Air – Terdapat 3 jenis faktor yang mempengaruhi kualitas air yaitu faktor fisika, kimia, dan faktor biologi. Faktor-faktor tersebut saling...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *