Cara mengatasi Ruangan yang Panas

Cara mengatasi Ruangan yang Panas – ruangan yang panas akan sangat mengganggu bagi setiap orang yang ada di dalamnya. Begitu pula yang terjadi saat di rumah.

Cara mengatasi Ruangan yang Panas
Cara mengatasi Ruangan yang Panas

Rumah akan terasa lebih sempit dan seorah seluruh oksigen telah habis, hal ini juga menyebabkan efek panas pada tubuh. Menjadikan penghuni tidak betah berada di rumah.

Baca Juga : Suhu Normal Kamar Tidur

Suhu udara yang panas dapat menganggu aktivitas baik itu di dalam maupun diluar ruangan. Adanya kipas angin dan juga AC dapat membantu meringankannya. Namun, apakah kedua benda tersebut akan berfungsi jika listrik padam?

Selain tak dapat digunakan saat listrik padam, kedua benda tersebut juga mempunyai kekurangan. Seperti AC yang dapat membuat penipisan lapisan Ozon.

Beberapa cara berikut ini dapat dilakukan jika ingin mengubah rumah menjadi lebih sejuk tanpa mencemari lingkungan. Diantaranya adalah, sebagai berikut :

1. Langit langit tinggi

Langit rumah yang tinggi dapat menjadi solusi. Rumah yang memiliki plafon yang lebih tinggi akan memiliki kesan lebih luas dan longgar. Hal ini dapat dilakukan, karena dapat mengalirkan oksigen lebih banyak serta lebih sejuk.

2. Lubang ventilasi

Tak hanya jendela yang menjadi lubang ventilasi. Ventilasi juga dapat dibuat di bagian dinding atas rumah. Udara yang berada di atas akan mengalirkan hawa sejuk yang membuat ruangan semakin dingin tanpa memerlukan kipas angin ataupun AC.

Dapat pula menerapkan system ventilasi silang. Dengan membuat jendela yang berhadapan.

3. Dinding Styrofoam

Styrofoam memiliki sifat menyerap panas dan tidak menghantarkan panas.

4. Turbin ventilator

Dapat digunakan dengan mudah. Mengalirkan udara yang masuk dan membuang udara dari dalam, bekerja seperti kipas angin.

5. Menggunakan kaca film

Kaca film dapat menolak panas pada matahari. Kaca film mulai banyak digunakan oleh rumah yang menggunakan konsep eco-friendly.

6. Menambah tanaman

Tanaman dapat menjadi sumber oksigen. Walaupun tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam, namun ada solusi baru yaitu menggunakan konsep hidroponik.

7. Kelembaban

Kelembaban membuat ruangan menjadi lebih panas. Maka usahakan dengan membuka ventilasi. Usahakan pula tidak memakai alat listrik saat udara sedang panas, hal tersebut dapat menaikkan suhu ruangan. Untuk mengukur suhu ruangan, dapat diukur menggunakan alat ukur suhu udara.

Incoming search terms:

  • solusi ruangan panas
  • cara mengatasi udara panas di dalam rumah
  • cara menghilangkan suhu panasnruangan
  • jika ruangan panas apa solusinya
  • menghilangkan panas dalam ruangan
  • solusinya ruangang kamar panas

Tags: