Cara Mengecat Mobil

Cara Mengecat Mobil Bagi Pemula – Pengecetan mobil biasanya dilakukan oleh para profesional dibidangnya yang memang sudah paham. Namun apabila Anda mau belajar dengan baik maka Anda sendiripun dapat melakukan pengecetan pada mobil dengan hasil yang baik bahkan tidak kalah dengan para profesional.

Cara Mengecat Mobil

Hal ini tentu akan menghemat biaya dalam pengecetan tersebut karena Anda melakukannya sendiri. Apabila Anda memang berniat untuk melakukan hal tersebut Anda dapat melakukan tips dan cara berikut yang dapat Anda praktekan pada kendaraan Anda sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut adalah proses pengecetan mobil bagi pemula :

Tahap Awal Sebelum Pengecatan

a. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengampelasan pada body mobil yang akan Anda cet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan ampelas dengan ukuran 1500.

b. Setelah selesai diampelas selanjutnya adalah cuci bagian body mobil tersebut menggunakan air bersih dan kemudian keringkan menggunakan kain. Untuk mendapatkan hasil yang benar – benar kering sebaiknya jemur di bawah sinar matahari.

c. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan Epoxy yang kemudian disemprotkan pada bagian yang akan di cat.

d. Selanjutnya lakukan pengampelasan kembali, kali ini menggunakan ampelas ukuran 2000 dan lakukan hingga permukannya rata.

e. Kemudian cuci kembali bagian tersebut dan keringkan kembali menggunakan kain yang lembut seperti halnya kain katun yang dipakai untuk membersihkan mobil.

f. Untuk membuat hasil pengecetan terlihat baik dan sempurna maka gunakanlah warna putih dan abu – abu sebagai dasar pengecetan. Sebaiknya lakukan pengecetan di bawah sinar matahari langsung dan hindarkan dari debu maupun kotoran untuk menghindari warna tersebut tidak maksimal.

g. Biarkan selama kurang lebih 2 jam dan kemudian ampelas kembali bagian tersebut secara halus dan perlahan untuk membuat cet dasar tersebut menjadi rata.

Tahap Pengecatan

Setelah Anda selesai pada tahap dasar pengecetan, maka selanjutnya Anda dapat melakukan tahap pengecetan. Tahap pengecetan tersebut adalah sebagai berikut :

a. Siapkan cet dan tiner kemudian campurkan kedua bahan tersebut dan jaga agar tidak terlalu encer ataupun kental.

b. Apabila cet yang Anda gunakan adalah jenis cet yang kental maka sebaiknya Anda mencampur cat dan tiner dengan rasio 1 : 2. 1 liter cet dicampur dengan 2 liter tiner begitu seterusnya. Namun apabila cet yang Anda gunakan adalah jenis yang encer maka rasio perbandingannya adalah 1 : 1. Dengan begitu akan tercipta campuran warna dan rasio yang cantik dan indah.

c. Apabila kedua bahan tersebut sudah tercampur dengan baik maka selanjutnya adalah memulai tahap pengecetan. Sebaiknya tahapan pengecetan dilakukan dengan cara satu kali penarikan spoit cat, hal ini dilakukan untuk menghindari cat yang terlalu tebal. Pengecetan ini dilakukan secara merata dan jangan melompat – lompat.

d. Apabila proses pengecetan ini selesai maka Anda tinggal mengeringkannya hingga benar – benar kering.

Tahapan Terakhir

Apabila cet sudah benar – benar kering maka tahap selanjutnya adalah tahap varnish. Tahap ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan warna cet yang tahan lama. Proses ini dilakukan dengan mencampurkan varnish dengan komponen hardener. Setelah tercampur dengan baik maka kemudian semprotkan secara merata dan jangan melompat – lompat.

Setelah itu langkah terakhir adalah keringkan varnish ini hingga kering dan kemudian Anda dapat mendempulnya untuk mendapatkan hasil yang bagus dan mengkilap. Ciri pengecetan yang berhasil adalah permukaannya yang halus, biasanya pada bengkel – bengkel pengecetan mobil akan mengujinya menggunakan sebuah alat ukur.

Alat ukur ini bernama roughness tester atau alat ukur kekasaran yang digunakan untuk mengukur tingkat kekasaran atau kehalusan body mobil. Biasanya pada bengkel mobil memiliki standar tersendiri dan alat ini digunakan untuk menjaga standar kualitas tersebut.

Incoming search terms:

  • https://www mallardsgroups com/cara-mengecat-mobil/
  • cara mengecat mobil bagi pemula