Cara Menjinakan Kucing

Cara Menjinakan Kucing – Kucing memiliki daya pikat tersendiri yang membuat manusia tertarik untuk memeliharanya. Tampilan fisiknya yang lucu, tingkhanya yang menggemaskan hingga suaranya yang meramaikan suasana membuatnya menjadi penghuni tambahan yang menyenangkan bagi sebuah rumah.

Cara Menjinakan Kucing

Bagi anda yang tertarik memelihara kucing, biasanya harus mendatangi pet shop untuk membeli kucing sesuai keinginan anda. Namun beberapa tahun terakhir telah mulai digencarkan gerakan yang menganjurkan kita untuk mengadopsi, bukan membeli.

Adapun adopsi yang dimaksud adalah dengan memelihara kucing kucing liar atau kucing yang tak berpemilik di dokter dokter hewan atau tempat penampungan kucing lainnya.

Gerakan mengadopsi kucing tentunya memiliki dampak yang sangat positif. Salah satu dampak positifnya adalah memberikan kehidupan yang lebih baik bagi para kucing. Selain itu, mengadopsi kucing juga hampir tak memerlukan biaya. Berbeda dengan membeli kucing dari pet shop yang mengharuskan kita merogoh kocek ratusan atau bahkan jutaan rupiah.

Cara Menjinakan Kucing Liar

Masalah yang mungkin timbul saat memutuskan untuk mengadopsi kucing liar adalah sulitnya menjinakan kucing kucing tersebut. Perlu cara menjinakan kucing yang tepat agar kucing yang diadopsi dapat segera beradaptasi dan menjadi lebih penurut. Berikut adalah beberapa cara menjinakan kucing liar yang perlu dipraktekan jika berniat mengadopsi kucing liar:

1. Pahami Karakter Kucing

Setiap jenis kucing tentunya memiliki karakter yang berbeda beda. Kenali dulu jenis dan karakter yang anda adopsi agar tahap selanjutnya dalam cara menjinakan kucing tersebut dapat berjalan dengan lebih mudah. Selain untuk tujuan penjinakan, mengenali jenis dan karakter juga penting untuk menentukan jenis pakan dan perawatan yang tepat kedepannya.

2. Beri Waktu Kucing untuk Mengenali Lingkungan Barunya

Setiap kucing memiliki reaksi yang berbeda ketika dibawa ke tempat yang baru. beberapa menjadi pendiam dan terkesan takut dengan manusia, sebagian lainnya ada yang justru menjadi lebih agresif. Beri waktu kucing adopsi anda untuk beradaptasi dengan cara jaga jarak terlebih dahulu. Dekati kucing ketika telah nampak nyaman dengan lingkungan barunya.

3. Sediakan Makanan dan Minuman

Menyediakan makanan dan minuman menjadi salah satu cara paling jitu untuk mengambil hati sang kucing. Sediakan makanan dan minuman di tempat khusus dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau sang kucing. Jangan paksa kucing untuk makan, biarkan dia menghampiri sendiri tempat makanan dan minumannya. Lakukan hal tersebut secara teratur agar kucing menjadi terbiasa.

4. Berinteraksi dengan Hati Hati

Ketika kucing telah tampak terbiasa dengan lingkungan barunya, anda bisa mulai berinteraksi dengannya. Awali interaksi dengan memberikan belaian lembut. Buat si kucing merasa aman dan disayangi melalui sentuhan anda. Satu hal yang perlu diingat adalah; hindari menatap lurus mata kucing dalam durasi yang lama. Hal tersebut dapat diartikan sebagai tatapan menantang berkelahi.

5. Sediakan Kandang yang Nyaman

Berikan kandang yang nyaman agar kucing liar yang anda adopsi merasa betah. Lengkapi kandang dengan alas yang hangat, tempat makan dan minum serta pasir untuk membuang kotoran. Jika tak memungkinkan untuk meletakkan semua barang tersebut di dalam kandang, pastikan letaknya tak terlalu jauh dari kandang.

Jaga selalu kebersihan kandang tersebut agar kucing baru anda senantiasa terhindar dari kuman, bakteri dan jamur yang dapat mengganggu kesehatannya.

Setelah mengetahui tips menjinakan kucing di atas, semoga anda semakin mantap untuk mengadopsi kucing. Nikmati setiap prosesnya agar chemistry antara anda dan kucing peliharaan baru lebih cepat terbangun.

Tags: