Cara Merawat Komputer

1 min read

Komputer maupun laptop yang digunakan tiap hari haruslah rajin dirawat supaya kinerjanya tidak lemot. Cara merawat komputer memang terbilang susah-susah gampang. Dibutuhkan kedisiplinan dalam merawat komputer.

Cara Merawat Komputer

Kinerja yang lambat pada komputer sendiri biasanya akan berawal dari masalah software, namun bukan tidak mungkin terdapat masalah pula pada hardwarenya. Komputer yang lemot atau rusak tentu akan dapat mempengaruhi produktivitas sehari-hari.

Terutama apabila kita hampir selalu menggunakan komputer dalam pekerjaan harian, pasti akan sangat mengganggu jika perangkat ini rusak.

10 Cara Merawat Komputer Agar Awet

Perawatan yang tidak rajin akan membuat komputer rusak. Berikut adalah 10 cara dalam merawat komputer yang bisa kita praktekkan sehari-hari di rumah.

1. Kita bisa menggunakan stabilizer serta UPS. Tujuannya adalah agar tegangan listriknya bisa tetap stabil. Tegangan listrik yang terlalu tinggi akan dapat merusak perangkat keras seperti power supply yang disambungkan ke komputer.

2. Jangan matikan komputer dengan cara mencabut colokan secara langsung saat komputer tengah beroperasi. Matikan perangkat komputer sesuai aturan. Klik Start, pilih Shutdown lalu tunggu hingga komputer sepenuhnya mati, barulah kita cabut colokan.

3. Hindari perangkat komputer dari sinar matahari langsung.

4. Jangan menaruh benda cair berdekatan dengan komputer untuk menghindari resiko menumpahi perangkat. Komputer yang basah akan dapat korslet dan pastinya menyebabkan kerusakan.

5. Jangan menaruh benda dengan sifat magnet berdekatan dengan komputer. Hal ini akan dapat merusak hardware CPU maupun monitor.

6. Cara merawat komputer berikutnya adalah dengan membersihkan CPU maupun aneka perangkat keras lain dengan berkala. Gunakan kain halus, cat ukuran kecil serta penyemprot udara. Perangkat yang harus secara berkala dibersihkan ini di antaranya adalah heatsink, power supply, RAM, cool fan serta motherboard.

7. Gunakan software antivirus lokal lalu lakukan pemindaian berkala di tiap drive komputer. Lakukan sekali tiap minggu untuk hasil maksimal agar tak ada virus yang membebani kinerja komputer.

8. Pengecekan data juga harus dilakukan secara berkala. Termasuk dalam pengecekan data ialah menghapus ataupun membackup data-data yang ada di komputer ke drive atau perangkat lain. Cara merawat komputer ini digunakan pula guna mengantisipasi kelebihan kapasitas yang sering terjadi di tiap drive komputer. Jika salah satu drive di komputer hampir penuh oleh data, maka kinerja komputer tentu akan jadi lemot.

9. Gunakan hanya aplikasi yang diperlukan dalam membantu pekerjaan sehari-hari. Uninstall beberapa aplikasi yang memang tidak diperlukan atau jarang digunakan. Tujuannya adalah agar beban memori RAM bisa diringankan sehingga komputer takkan jadi lemot.

10. Cara merawat komputer juga bisa digunakan lewat pemakaian Deep Freeze. Install semua aplikasi yang pasti digunakan dan diperlukan, lalu jalankan Deep Freeze. Aplikasi ini akan melakukan frozen terutama pada drive C.

Itulah aneka cara yang bisa kita lakukan dalam merawat komputer yang digunakan sehari-hari. Lakukan aneka tips di atas dengan baik serta benar supaya komputer bisa selalu awet, tahan lama dan bisa digunakan tiap hari tanpa ada masalah.

Komputer yang kinerjanya lemot biasanya akan terjadi karena sering digunakan multitasking ataupun kelebihan data pada drive. Restart komputer dan lakukan cara-cara perawatan di atas secara rutin agar kinerja komputer kembali normal.

Cara-cara perawatan yang tertulis di atas sebaiknya dilakukan minimal sekali dalam sebulan. Dengan cara merawat komputer di atas, perangkat yang kita gunakan akan tetap bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Cara Mengetahui Kualitas Tinta

Cara Mengetahui Kualitas Tinta – Printer merupakan salah satu perangkat pendukung komputer atau laptop yang digunakan untuk berbagai keperluan mencetak. Bagi Anda yang bekerja...
akubeni1
1 min read

Busi Iridium

Kelebihan Busi Iridium – Untuk Anda pecinta otomotif baik motor maupun mobil bahkan bagi orang awan sekalipun pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen...
akubeni1
1 min read

Coklat Yang Mengandung Babi

Coklat Yang Mengandung Babi – Apakah Anda orang yang suka memakan coklat? makanan manis yang diolah dari biji kakao ini memang mempunyai banyak pecintanya....
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *