Cara Merawat Tanaman Jeruk Nipis

Cara Merawat Tanaman Jeruk Nipis – Jeruk nipis merupakan buah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, buah yang satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk kita.

Cara Merawat Tanaman Jeruk Nipis

Buah dengan warna kulit mulai dari hijau hingga kuning ini mempunyai kadar air yang cukup tinggi dimana air jeruk ini sering dijadikan campuran makanan (soto, bakso, dll), minuman (jus jeruk) atau bahkan obat (obat batuk alami).

Dengan berbagai manfaatnya tersebut banyak yang mencoba membudidayakan tanaman jeruk nipis ini. Tanaman jeruk nipis sendiri tergolong tanaman yang tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan. Tanaman ini tidak mudah mati dan terserang hama.

Meskipun tanaman jeruk nipis ini mudah untuk dibudidayakan namun kita juga tidak boleh sembarangan asal menanam. Dengan menggunakan teknik yang baik tentu kita bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Sama seperti halnya jenis jeruk lainnya, tanaman jeruk nipis juga dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Untuk menanam tanaman jeruk nipis juga memerlukan faktor seperti suhu yang sesuai, tanah yang memiliki kandungan air / kadar air tanah yang cukup dan pupuk yang cukup.

Selain itu, tanaman jeruk nipis juga dapat ditanam pada berbagai media tanam seperti kebun dan juga pot. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara merawat tanaman jeruk nipis yang dapat Anda praktekan sendiri :

  • Pertama – tama Anda persiapkan terlebih dahulu bibit jeruk nipis yang dapat Anda beli di penjual bibit tanaman atau mengembangbiakannya secara vegetatif
  • Galilah lubang dengan ukuran 1 x 1 meter dengan kedalaman 1 meter dan jarak antar lubang tiga hingga empat meter antara satu pohon dengan lainnya di tanah kebun Anda
  • Kemudian biarkan terlebih dahulu lubang tersebut selama 1 – 2 minggu guna mengeliminasi unsur hara
  • Setelah dibiarkan selama waktu tersebut maka masukkan pasir sedalam 10 – 20 centimeter kemudian campurkan dengan pupuk dan jerami guna mempercepat perkembangan akar nantinya
  • Potonglah sedikit akar tunggal sebelum Anda menanamnya pada lubang tersebut kemudian tutup dengan tanah. Timbun dengan tanah hingga melebihi tinggi batas galian
  • Rajinlah menyiram tanaman jeruk nipis Anda dan buatlah saluran air atau parit di sekeliling pohon. Buatlah saluran air ini dengan jarak sekitar 1 meter

Setelah kita berhasil menanam, tentu langkah selanjutnya adalah kita merawatnya dengan baik. Perawatan ini meliputi pengairan, pemupukan, perawatan ranting pohon, dan pemotongan ranting dimana kesemuanya harus dilakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Bibit baru sebaiknya disiram dua kali sehari dan bila tanaman sudah beranjak tumbuh Anda dapat menyiramnya selama dua atau tiga hari sekali. Namun perlu diperhatikan bahwa penyiraman ini dilakukan pada tanah sekitarnya bukan batang tanamannya. Kemudian perawatan yang selanjutnya adalah pemupukan dimana pemupukan yang baik adalah ketika tanaman berusia lebih dari 5 bulan.

Incoming search terms:

  • cara pengairan pada tanaman jeruk limau

Tags: