Ciri-Ciri Tanah Subur

2 min read

Ciri-Ciri Tanah Subur – Jika berbicara mengenai tanah yang subur tentu tidak bisa lepas dari yang namanya jenis tanah dan kandungan apa yang ada pada area lokasi tanah tersebut. Namun sebelum membahas ciri-cirinya, kita mulai terlebih dahulu dari pengertian kesuburan tanah.

Ciri-Ciri Tanah Subur

Seseorang bisa mengatakan tanah itu subur biasanya karena terdapat ciri atau keistimewaan pada tanah tersebut. Namun secara pengertian, tanah subur adalah tanah yang mempunyai kemampuan untuk mendukung pertumbuhan tanaman dengan baik karena adanya beragam kandungan yang terdapat dalam tanah tersebut.

Di dalam tanah yang subur didukung dengan adanya beberapa komponen penyusun, yaitu komponen biologi, fisika dan kimia. Banyak yang menyamakan kesuburan tanah dengan kesehatan tanah, namun pada kenyataan di lapangan tidak selalu begitu, karena kesehatan tanah akan berbeda lagi cakupan pembahasannya.

Sejatinya cukup kompleks jika membahas antara kesuburan dan kesehatan tanah, karena pada tanah yang subur tentu akan mendukung pertumbuhan tanaman dengan baik. Karena pentingnya kesuburan tanah ini maka penting untuk Anda perhatikan agar kelak nanti hasilnya memuaskan.

Tanah yang subur dengan tanah yang tidak subur tentu mempunyai ciri-ciri yang bisa Anda amati, sehingga dapat disimpulkan apakah tanah yang Anda miliki termasuk kedalam golongan tanah yang subur.

Ciri Ciri Tanah Subur

Meskipun tanah tersebut pada awalnya subur, bukan berati tanah di area tersebut akan selalu subur dan begitu juga sebaliknya. Kesuburan pada tanah ini bisa berubah-ubah karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Beberapa faktor yang sering menjadi penyebab hilangnya kesuburan tanah adalah penghanyutan lapisan tanah (erosi tanah), penguapan elemen hara dan faktor lainya. Namun semua hal tersebut bisa diatasi dengan pemberian pupur organik secara berkala, membuat drainase dan tidakan lainya dapat memberi dampak yang baik bagi tanah tersebut.

Tidak satu orangpun menginginkan tanahnya tandus, maka dari itu tanah subur dan panen yang melimpah merupakan dambaan setiap manusia. Apabila Anda saat ini telah memilikinya, maka bersyukurlah.

Baca Juga : Menyuburkan Tanah yang Kering

Bagi Anda yang belum mendapatkan tanah yang subur, tenang saja dan teruslah berusaha dengan memperhatikan faktor-faktor yang membuat tanah menjadi subur. Inilah ciri-ciri tanah subur yang penting untuk Anda perhatikan.

1. Memiliki Lapisan Humus Tebal

Humus atau bunga tanah merupakan salah satu faktor yang menandakan bahwa tanah tersebut merupakan tanah yang subur. Humus ini terbentuk dari lapukan bahan organik seperti daun dan batang pohon yang akan menjadi pupuk organik pada tanah tersebut.

Lapisan humus yang tebal tentu akan semakin baik, hal ini menandakan tanah tersebut kaya akan bahan organik dan unsur hara, sehingga tanaman dapat menyerap zat hara tersebut sebagai bahan baku untuk melakukan proses fotosintesis.

Pada tanah yang memiliki lapisan humus yang tebal juga merupakan ciri dan sistem drainase lahan sekitar yang baik.  Struktur lapisan humus ini berongga sehingga meyebabkan air masuk kedalam tanah dengan lebih banyak dan lebih baik.

2. Memiliki PH Yang Netral

Untuk mengetahui PH pada tanah maka mau tidak mau Anda harus menggunakan alat ukur yang bernama PH Meter. Anda bisa membelinya di toko alat ukur. Untuk hasil terbaik, maka tanah harus berada pada rentang PH 6.5 hingga 7.5.

Baca Juga : Jual PH Meter Tanah & Air

Alasan mengapa untuk hasil terbaik harus berada paha PH netral adalah karena itu berati berbagai unsur kimiawi tanah telah seimbang. Dengan PH yang netral, maka tumbuhan akan lebih mudah menyerap ion-ion unsur hara dan menjaga perkembangan mikroorganisme tanah.

Baca Juga : Cara Menaikan PH Tanah

Jika tanah terlalu asam maka perlu dilakukan pengapuran agar kembali pada kondisi PH netral. Jika tanah Anda telalu basa maka perlu diberikan sulfur atau belerang yang ada pada pupuk ZA (Amonium Sulfat).

3. Memiliki Tekstur Lempung

Lempung atau tanah liat bukan saja berguna bagi pembuatan kerajinan tanah liat. Tanah yang subur ini salah satunya bisa dilihat dari teksturnya, yaitu memiliki tekstur lempung. Bukan tanpa sebab, tanah ini merupakan jenis tanah yang dapat mengikat mineral agar tidak mudah hanyut terbawa air.

Lempung juga tidak sembarang lempung, pilihlah kadar lempung yang normal. Biasanya terletak pada lapisan tanah tengah. Selain itu, tanah yang subur juga biasanya mempunyai kandungan pasir yang mencukupi. Hal ini karena agar proses drainase dan penyerapan air bisa berlangsung dengan baik.

4. Kaya Dengan Biota Tanah

Biota tanah ini merupakan tanda bahwa di dalam tanah tersebut kaya akan bahan organik yang dibutuhkan juga untuk keberlangsungan hidup dari mikroorganisme. Jadi, dengan adanya mikrofauna dan mikroflora merupakan indikator kesuburan tanah.

5. Dapat Ditumbuhi Berbagai Macam Tanaman

Jika diibaratkan maka dimana ada gula pasti ada semut. Hal ini juga berlaku pada tanah subur. Tanah yang subur juga dapat dilihat dari cirinya yang banyak ditumbuhi vegetasi. Semakin banyak dan beragam jenis tanaman yang tumbuh maka menunjukan bahwa tanah tersebut positif dikatakan tanah yang subur.

Penanaman Buah Ceri

Penanaman Buah Ceri – Buah ceri adalah buah yang sangat digemari oleh masyarakat jepang. Bunga buah ceri disebut juga dengan bunga sakura. Bunga sakura...
lindanw15
1 min read

Apa Itu Tanaman Hidroponik

Apa Itu Tanaman Hidroponik – tanaman hidroponik merupakan metode tanaman yang menggunakan media tanam air. Metode tersebut sering digunakan oleh masyarakat didaerah yang memiliki...
lindanw15
1 min read

Cara Menanam Buah Melon

Cara Menanam Buah Melon – melon merupakan buah yang memiliki bentuk seperti semangka, namun aslinya adalah suku labu. Buah yang umumnya memiliki daging berwarna...
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *