Contoh Teks Editorial

Siapapun anda pastinya berusaha mempelajari tentang berbagai macam hal. Tak terkecuali untuk teks editorial ini. Mungkin masih banyak yang belum mendengar ataupun memahami tentang teks tersebut. Berbeda lagi jika anda sudah sering membaca surat kabar pastinya akan menemukan banyak berita yang terkini.

Contoh Teks Editorial

Tak hanya itu juga, INews pun juga hadir sebagai salah satu media yang mampu memberikan informasi paling terbaru. Kali ini kita pun akan membahas mengenai pengertian, struktur, ciri atau bahkan contoh teks editorial.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi

Dari pada anda merasa penasaran sebaiknya menyimak penjelasan yang sudah tersedia kali ini. Teks editorial merupakan salah satu artikel yang termuat dalam sebuah surat kabar mengenai peristiwa paling actual dan menjadi perbincangan hangat. Dimana isinya biasa berupa permasalahan social, politik, bahkan ekonomi sekalipun. Sebagai contoh saja isu mengenai kenaikan harga rokok atau bahkan hal lainnya.

Mengenal Tujuan dan Ciri Teks Editorial

Teks editorial ini sebetulnya sebuah opini yang mana dituliskan oleh redaksi dari suatu media akan isu actual yang berada di masyarakat. Hingga akhirnya opini yang sudah ditulis oleh redaksi ini dianggap sebagai pandangan resmi. Lantas sekiranya apakah tujuan dari teks editorial ini? Sebetulnya tujuannya hadir dalam dua hal yakni:

• Mengajak para pembaca berpikiran mengenai isu paling terkini yang sedang hangat menjadi perbincangan.
• Memberikan sebuah pandangan redaksi bagi para pembaca mengenai isu yang saat ini semakin berkembang.

Dengan melihat berbagai macam tujuan dari adanya teks editorial ini pastinya anda semakin mengerti apa yang dinamakan dengan teks tersebut. Hingga akhirnya anda pun berusaha memahaminya dengan melihat berbagai macam ciri dari teks tersebut. Dari pada merasa penasaran, inilah beberapa ciri teks editorial yang perlu anda ketahui. Yakni:

• Topik penulisannya memang mengenai sesuatu hal yang sedang hangat menjadi perbincangan.
• Sistemnya terbilang logis bahkan juga sistematis.
• Teks tersebut memang sebuah pendapat yang sifatnya argumentative.
• Teks editorial mudah sekali dibaca sebab tulisannya mempergunakan kalimat yang singkat, padat dan juga jelas.

Siapapun anda pastinya kini sudah memiliki gambaran mengenai pengertian atau bahkan contoh teks editorial ini. Dimana kali ini tersedia pula contoh dari teks editorial yang bisa membantu anda lebih memahami tentang teks tersebut. Simak saja ulasan penting berikut ini untuk lebih jelasnya lagi.

Contoh Teks Editorial Dalam Surat Kabar

Sedia payung sebelum hujan pastinya menjadi salah satu ungkapan yang sering diajarkan oleh nenek moyang kita. Bahkan kata tersebut kini dijadikan sebagai patokan untuk mengantisipasi sebuah masalah yang nantinya akan datang. Dari sinilah pemerintah mulai merencanakan program mitigasi yang berada disetiap daerah rawan bencana.

Dalam sepekan kemudian, pada tanggal 6 Agustus 2018 gempa pun kembali mengguncang Lombok Utara ketika warga saat itu sedang menunaikan ibadah sholat maghrib. Kali ini gempat dengan kekuatan makin dahsyat pun kembali terjadi yakni 7 SR. Meskipun tidak terjadi tsunami, namun banyak sekali korban jiwa atas peristiwa tersebut. Bahkan banyak sekali warga yang meninggal dunia hingga terkena runtuhan bangunan ketika gempa terjadi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB ini sudah mencatat sebagian besar dari korban yang meninggal dunia ini diakibatkan karena terkena reruntuhan bangunan roboh. Sementara untuk Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pun menjelaskan jika gempa pertama itu merupakan pendahuluan. Sedangkan gempa utamanya terjadi sekitar 5 Agustus dengan kekuatannya 7 SR. Hingga akhirnya ada pula gempa susulan dengan kekuatan yang terbilang kecil.

Sekarang ini Lampung sudah menjadi salah satu daerah yang rawan akan bencana gempa bumi terkait dengan posisi Bumi Ruwa Jurai yang berada di bagian atas patahan lempeng Eurasia dan juga Indo-Australia. Hingga akhirnya bakalan ada sebuah ancaman banyak korban jiwa. Apabila pemerintah lalai menghadirkan mitigasi sebelum bencana tersebut datang. Penderitaan masyarakat pun menjadi salah satu pemandangan tragis yang tak bisa terelak lagi.

Jangan sampai hanya karena kurangnya mitigasi menjadikan bencana yang datang memakan banyak sekali korban. Terlebih lagi jika mitigasi sekaligus penanggulangan bencana ini hanya dijadikan sebagai proyek. Tentunya korban yang telah terluka akan semakin menjerit kesakitan.

Dengan melihat contoh teks editorial ini pastinya anda semakin mengerti jika teks tersebut memang salah satu teks dengan isi perbincangan yang sedang hangat terjadi. Apalagi anda bisa mencari berbagai macam informasi yang terbilang actual dan juga terkini.

Bisa juga mengenai resep makanan terbaru yang mungkin sedang booming ditengah masyarakat. Mengapa harus merasa bingung jika kini anda semakin paham mengenai pengertian sekaligus contoh teks editorial ini. Tentunya hal yang mudah membedakan teks tersebut dengan jenis teks lainnya.

Tags: