Gejala Tipes

Gejala Tipes dan Cara Tepat Penanganannya – Penyakit tipes yang dalam bahasa kedokteran disebut sebagai thypoid adalah penyakit yang cukup umum diderita oleh masyarakat. Penyakit ini bisa muncul akibat gaya hidup meliputi makanan dan lingkungan yang kurang bersih.

Gejala Tipes dan Cara Tepat Penanganannya

Penyakit tipes disebabkan oleh adanya bakteri Salmonella thypii yang berkembang di dalam usus. Ada beberapa gejala tipes yang bisa dikenali. Penyakit yang terdeteksi lebih dini akan dapat segera ditangani dan menurunkan risiko komplikasi yang dapat memperparah kondisi tubuh.

Keluhan Kesehatan yang Muncul Sebagai Gejala Tipes

Di kalangan mahasiswa khususnya yang tinggal merantau, penyakit tipes ini banyak menjadi momok. Gaya hidup anak kos yang seringkali makan di sembarang tempat lah yang meningkatkan risiko mereka terjangkit penyakit ini.

Tempat makan yang kurang higienis menjadi salah satu penyebab utama tersebarnya penyakit tipes. Bakteri Salmonella thypii penyebab penyakit tipes bisa menyebar melalui tinja dari orang yang telah tertular.

Bakteri ini bisa masuk ke tubuh manusia melalui tinja ataupun makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Apabila bakteri ini sudah masuk ke dalam tubuh maka akan timbul beberapa tanda-tanda berkembangnya bakteri penyebab tipes.

Gejala ini biasanya mulai terlihat pada tubuh sekitar 1 sampai 2 minggu setelah tubuh terpapar oleh bakteri Salmonella thypii. Gejala-gejala penyakit tipes ini diantaranya :

1. Demam tinggi
Pada minggu-minggu awal terserang tipus penderita akan mengalami demam tinggi dengan suhu sampai dengan 39-40 derajat celcius. Yang menjadi ciri khas demam akibat Salmonella thypii adalah demam ini akan semakin parah menjelang malam hari.

2. Otot-otot tubuh terasa sakit
Berkembangnya bakteri penyebab tipes di dalam tubuh manusia juga menyebabkan otot-otot tubuh jadi terasa sakit. Badan menjadi terasa tidak nyaman.

3. Mengalami sakit kepala
Penderita gejala tipes biasanya mengeluhkan sakit kepala yang cukup
mengganggu. Sakit kepala ini bisa terasa di bagian sekitar mata dan menjalar hingga ke belakang kepala.

4. Tubuh mudah lelah dan lemas
Berkaitan dengan poin 2, penyakit tipes ini menyebabkan otot tubuh mudah terasa
sakit yang berakibat pada tubuh yang mudah lelah dan lemas. Hal inilah yang
menyebabkan penderita gejala tipes biasanya terlihat lebih lesu dan tidak terlalu
banyak bergerak secara fisik karena kondisi tubuh yang kurang fit.

5. Timbul batuk kering
Pada penderita tipes biasanya muncul batuk kering yang tetap tidak membaik meski sudah diobati menggunakan obat khusus untuk batuk kering. Ada beberapa gejala tipes yang disertai batuk kering ada pula yang tidak. Batuk ini dapat disebabkan daya tahan tubuh yang menurun sehingga terjadi gangguan pada saluran pernapasan.

6. Hilangnya nafsu makan

Penderita tipes umumnya mengalami penurunan nafsu makan yang jika tidak
ditangani dengan benar dapat menyebabkan tubuh kekurangan asupan gizi yang
berakibat pada menurunnya kondisi tubuh. Kurangnya asupan gizi akan membuat
daya tubuh semakin menurun dan tubuh akan terlihat semakin kurus.

7. Mulai muncul ruam berupa bintik kemerahan pada kulit
Gejala tipes yang satu ini terkadang salah diartikan sebagai gejala dari penyakit
demam berdarah. Pada penderita tipes bisa muncul bintik bintik merah di kulit yang dapat terlihat dengan mudah.

8. Diare atau konstipasi
Gangguan pencernaan biasanya muncul menyertai penyakit tipes. Gangguan ini bisa berupa diare ataupun sembelit. Gangguan berupa diare biasanya muncul pada
penderita tipes anak-anak. Sedangkan gangguan sembelit atau konstipasi biasanya
muncul pada penderita dewasa.

9. Hati dan ginjal mengalami pembengkakan Gejala berupa pembengkakan organ dalam ini menyebabkan bagian perut dari penderita tipes terlihat lebih besar dan terasa lebih keras.

Penanganan yang Tepat untuk Pemulihan dari Gejala Tipes

Gejala penyakit tipes yang muncul pada tubuh harus segera ditangani dengan tepat. Penanganan yang terlambat bisa menyebabkan bakteri yang berkembang dalam jumlah banyak di usus keluar dan menyebar ke organ tubuh lainnya.

Jika mengalami gejala-gejala seperti yang sudah dijelaskan tadi sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter dan melakukan cek darah. Cek darah ini dilakukan untuk memastikan apakah ada bakteri Salmonella thypiyang berkembang di dalam tubuh Anda.

Jika positif terserang tipes dengan kondisi yang cukup parah, Anda bisa disarankan untuk opname di rumah sakit agar kondisi tubuh lebih cepat membaik. Untuk mempercepat pemulihan, berikut ini beberapa cara penanganan bagi penderita tipes :

1. Konsumsi makanan lunak
Penderita tipes sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang lunak karena
akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Penyakit tipes merupakan penyakit yang
menyerang usus sehingga kemampuan usus dalam menyerap makanan tidak sebaik ketika dalam kondisi sehat. Pemberian makanan lunak ini akan membantu
memperingan kerja usus.

2. Hindari makanan yang memicu iritasi pada usus
Makanan yang perlu dihindari oleh penderita tipes adalah makanan pedas ataupun
bersantan. Jenis-jenis makanan ini sebaiknya dihindari karena dapat memperparah kondisi usus dan penghambat terjadinya pemulihan.

3. Konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup
Mengkonsumsi cukup air dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Tubuh yang
kebutuhan cairannya tercukupi akan terasa lebih segar dan dapat membantu
pemulihan dari penyakit tipes.

4. Banyak istirahat dan kurangi kegiatan fisik
Guna mempercepat penyembuhan sebaiknya penderita tipes lebih banyak berbaring dan tidak terlalu banyak beraktivitas. Hal ini disebabkan karena penyakit tipes disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam tubuh.

Bakteri akan berkembang biak dengan lebih cepat dalam kondisi tubuh yang lebih panas. Oleh karena itu perlu penderita perlu beristirahan untuk menjaga suhu tubuh agar tidak naik. Cek suhu tubuh dengan alat ukur suhu atau yang biasa disebut termometer suhu tubuh.

Mencegah Tubuh dari Terserang Gejala Tipes

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, oleh karena pencegahannya pun dilakukan dengan menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Berikut ini beberapa langkah pencegahan diri dari gejala tipes :

1. Jangan mencoba jajan atau makan di tempat-tempat yang tidak higienis.
2. Lebih baik membeli bahan makanan dan mengolahnya sendiri supaya
kebersihannya terjaga.
3. Biasakan memenuhi asupan gizi tubuh dengan baik supaya daya tahan tubuh
meningkat dan tidak mudah terserang penyakit.
4. Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.
5. Biasakan mencuci sayuran dan buah-buahan dengan bersih menyeluruh sebelum
dikonsumsi.
6. Jangan membiarkan makanan atau minuman dalam kondisi terbuka untuk
menghindarkan dari lalat. Lalat dapat menjadi vektor pembawa bakteri jika hinggap di makanan ataupun minuman Anda.
7. Perhatikan kebersihan air minum di tempat makan umum. Sebaiknya Anda
membawa air minum tersendiri dari rumah.
8. Jika harus membeli makanan siap makan di luar rumah, sebaiknya beli untuk
dibungkus. Menggunakan peralatan makan sendiri dapat menurunkan risiko tertular tipes dari bakteri yang melekat pada alat makan akibat air cucian yang
terkontaminasi.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai penyakit tipes berupa gejala tipes, penanganan serta pencegahannya. Mencegah penyakit tipes akan selalu lebih baik daripa mengobati.

Pastikan Anda menjaga kesehatan diri dan lingkungan dengan baik supaya terhindar dari bakteri-bakteri penyebab penyakit. Tingkatkan daya tahan tubuh Anda supaya kondisi tubuh lebih kuat untuk menangkal bakteri-bakteri berbahaya yang dapat mengancam kesehatan.

Tags: