Manfaat Yodium Untuk Tubuh

1 min read

Manfaat Yodium Untuk Tubuh – Yodium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Yodium dapat ditemukan di garam beryodium atau makanan lain yang mengandung yodium. Hal tersebut dilakukan karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi yodium sendiri.

Manfaat Yodium Untuk Tubuh
Manfaat Yodium Untuk Tubuh

Tubuh manusia yang tidak dapat memproduksi yodium sendiri perlu mengkonsumsi yodium. Hal tersebut dikarenakan asupan yodium yang harus terpenuhi. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium dapat memenuhi kebutuhan yodium anda.

Yodium berbentuk semacam kristal kecil yang mudah bercampur dengan garam atau bahan lain. Maka dari itu, yodium sering dicampur dengan garam. Garam yang mengandung yodium biasanya akan dinamakan garam beryodium.

Garam mengandung yodium perlu ditakar kadar yodiumnya, agar tidak kekurangan atau kelebihan yodium. Untuk itu, alat ukur yodium photometer digunakan untuk mengukur banyak sedikitnya yodium tersebut.

Takaran yang pas dapat membantu tubuh memenuhi yodium. Dibawah ini adalah manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi yodium. Diantaranya adalah :

  1. Menjaga fugsi kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid yang memiliki fungsi penting yaitu untuk kecepatan pembakaran lemak dalam tubuh, produksi protein, dan menghasilkan hormone tubuh. Untuk itu fungsinya harus dijaga yaitu dengan mengkonsumsi yodium.

  1. Mencegah gondok

Dengan mengkonsumsi yodium yang cukup dapat mencegah benjolan di leher karena kelenjar tiroid yang membengkak.

  1. Mencegah keterbelakangan mental

Banyak garam dapur yang mengandung yodium. Hal tersebut dilakukan agar anak anak yang mengkonsumsi garam dapat terpenuhi yodiumnya. Kekurangan yodium dapat membuat mentar menjadi terbelakang dengan IQ rendah dan tidak mudah untuk bersosialisasi.

  1. Mengatasi masalah kulit

Masalah yang dimaksud adalah masalah kulit yang disebabkan oleh jamur pada kulit.

  1. Membunuh kuman pada luka

Luka parut atau apapun dapat diobati menggunakan garam. Dengan menaburkan sedikit garam di luka luar dapat mempercepat penyembuhan, dengan membunuh kuman yang ada.

  1. Mencegah stroke

Konsumsi yodium yang kurang dapat menyebabkan stroke, maka dari itu mulailah cukupi yodium.

  1. Mencegah penyakit mata

Konsumsi yodium yang cukup dapat membantu mengobati beberpa penyakit mata. Salah satunya adalah rabun ayam, mata silinder dan lainnya.

  1. Mencegah kanker

Dengan mengkonsumsi yodium dapat membantu mencegah resiko kanker payudara.

  1. Menjernihkan air

Dengan penambahan yodium Bersama bahan lain dapat membantu menjarnihkan air minum yang kotor.

Incoming search terms:

  • garam yodium ada manfaat buat jantung:

Bahaya Air Minum Isi Ulang : Fakta dan Penyebabnya

Air minum galon isi ulang ini masih menjadi solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan air minum. Namun dibalik itu semua ada ‘oknum nakal’ yang memanfaatkannya untuk...
akubeni1
1 min read

Manfaat Madu Untuk Anak

Manfaat Madu Untuk Anak – Sudah sejak lama madu dipercaya umat manusia mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita. Bahkan para atlit jaman...
akubeni1
1 min read

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *