Gurun Paling Berbahaya

Gurun Paling Berbahaya – Gurun merupakan suatu daerah di dataran Bumi yang memiliki curah hujan sangat sedikit, memiliki udara yang bersifat sangat kering, dan jarang terdapat tumbuhan atau makhluk hidup yang mampu bertahan hidup disana.

Jika Anda berfikir gurun adalah tempat yang sangat kering dan sangat jarang ada kehidupan maka hal ini tidaklah salah. Nyatanya hanya tumbuhan atau hewan tertentu saja yang sanggup bertahan hidup di gurun seperti kaktus, ular, dan unta.

Untuk manusia sendiri mungkin masih bisa tinggal di sekitar gurun, namun untuk tinggal pada gurun itu sendiri mungkin bukanlah tempat yang cocok untuk manusia. Hal ini tentu karena tidak adanya sumber daya yang dapat digunakan untuk bertahan hidup disana.

Oleh karena itu bila ada yang akan melintasi gurun haruslah membawa perbekalan yang cukup hingga ia melewati gurun, selain itu alat navigasi juga harus dibawa agar tidak tersesat di tengah gurun.

Dari semua gurun di dunia ada beberapa yang tergolong sangat berbahaya bagi manusia, apa saja itu? berikut adalah gurun paling berbahaya untuk dilintasi atau ditinggali :

1. Gurun Pasir Dasht-e Lut

Gurun Pasir Dasht-e Lut

Gurun yang terletak di Iran ini sudah terkenal sebagai gurun yang berbahaya di dunia. Bahkan dalam bahasa setempat, gurun pasir Dasht-e Lut sendiri memiliki arti lembah kekelaman. Gurun pasir ini dianggap sebagai gurun pasir terluas yang ada di dunia, selain itu suhu di gurun ini juga dapat sangat panas sehingga sangat jarang ada makhluk hidup yang tinggal di gurun ini.

2. Gurun Death Valley, Amerika

Gurun Death Valley, Amerika

Death valley ini merupakan gurun pasir yang terletak di California yang terkenal sangat gersang. Selain gersang, gurun ini juga terkenal sangat panas yang bahkan pada tahun 1913 suhu di gurun dapat menembus 56,7 derajat Celcius saat diukur menggunakan termometer. Anda bisa membeli alatnya di toko online ini.

3. Gurun pasir kebili, Tunisia

Gurun pasir kebili, Tunisia

Gurun pasir kebili yang terletak di Tunisia ini rata – rata suhunya tercatat sekitar 55 derajat Celcius. Sama seperti gurun pasir lainnya, gurun pasir kebili ini terkenal sangat panas suhunya. Akan tetapi gurun ini juga terkenal memiliki keindahan pemandangannya.

4. Rub Al’Khali, Semenanjung Arab

Rub Al’Khali, Semenanjung Arab

Suhu di gurun pasir Rub Al’Khali ini dapat mencapai 56 derajat Celcius, tentu Anda tidak akan mau bukan tinggal di gurun ini. Gurun ini juga termasuk dalam salah satu gurun terluas di dunia. Bila Anda ingin melintasi atau menyebrang gurun ini Anda diharuskan membawa perbekalan yang mencukupi, juga menggunakan alas kaki yang tebal dan pakaian yang dapat menutupi keseluruhan tubuh Anda.

5. Gurun Gobi, Asia

Gurun Gobi, Asia

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar nama gurun Gobi bukan, gurun terluas di Asia ini ternyata dapat memiliki suhu yang sangat dingin pada malam hari di musim dinginnya, tercatat suhu gurun ini dapat turun hingga -40 derajat Celcius.

6. Gurun Patagonia, Amerika

Gurun Patagonia, Amerika

Amerika juga memiliki gurun yang cukup terkenal yaitu gurun Patagonia yang pada musim dingin suhunya dapat turun mencapai 3 – 12 derajat celcius. Bahkan gurun ini dapat mengalami musim dingin yang panjang yaitu sekitar 7 bulan.

Tags: