Indahnya Museum Guggenheim Bilbao

Indahnya Museum Guggenheim Bilbao – Guggenheim Museum Bilbao merupakan museum dan seni modern kontemporer yang dapat dikatakan unik dan satu – satunya di dunia. Arsitek asal Kanada-Amerika yaitu Frank Gehry adalah perancang dari museum ini yang kemudian dibangun oleh Ferrovial. Museum ini dibangun di kota Bilbao, Basque Country, Spanyol.

Museum Guggenheim

Guggenheim Museum Bilbao dibangun di sepanjang Sungai Nervion, museum ini juga merupakan salah satu museum milik Solomon R Guggenheim Foundation. Satu hal yang mengagumkan dari museum yang satu ini adalah arsitekturnya yang bergaya karya arsitektur kontemporer. Museum unik di Spanyol ini memiliki pameran tetap dan mengunjungi karya – karya seniman Spanyol maupun internasional.

Guggenheim Museum ini ialah pengembangan dari Guggenheim Museum New York yang menjadi pusatnya. Pada awal dibangun, museum ini disayembarakan secara kilat dan terbatas dengan mengundang tiga arsitek ternama dunia.

Tiga arsitek tersebut adalah Coop Himmelblau, arsitek Jerman yang mewakili benua Eropa, arsitek Jepang Arata Izosaki yang mewakili Asia dan Frank O’ Gehry sendiri yang mewakili Amerika. Hasil rancangan yang ekstrem karya Gehry-lah yang berhasil memenangkan sayembara meskipun desainnya justru terkesan tidak serius atau main – main.

Meskipun begitu penunjukkan Gehry sebagai penanggung jawab pembangunan museum tidaklah berjalan mulus karena harus melewati kontroversi lebih dahulu karena pemilihan Gehry dianggap mengandung muatan politis.

Baca Juga – Cara Mengukur Intensitas Hujan

Walaupun begitu seperti Gehry tetap mengerjakan proyek tersebut dengan serius dan semangat yang terkesan tidak peduli akan hal tersebut. Pembangunan museum ini diperkirakan menghabiskan ribuan market dan berbagai perubahan selama pembangunannya. Namun hal ini dianggap wajar saja karena proyek ini sudah ditunggu oleh masyarakat Bilbao itu sendiri maupun Gehry dan pada akhir bulan Oktober 1997 proyek raksasa ini diresmikan.

Barulah pada tahun 1980 museum ini selesai dibangun, museum ini menjadi arsitektur yang merupakan momen tunggal dalam budaya arsitektur karena berupa arsitektur langka. Gaya arsitektur museum ini tidak hanya dikagumi oleh masyarakat Spanyol saja namun juga oleh dunia Internasional berdasarkan survey yang dilakukan oleh kalangan ahli arsitektur di tahun 2010.

Di dalam atrium setinggi 55 m menjadi pemandangan paling spektakuler dari museum ini. Pasalnya atrium dalam museum ini tersusun dari kepingan – kepingan dinding masif dan transparan yang meliuk – liuk yang menciptakan kesan sangat plastis dan sculptural.

Dari atrium inilah kita juga bisa menuju ruang luar yang menghadap sungai dan kota tua Bilbao. Dengan bukaan kaca berukuran besar yang dilengkapi kanopi berkolom tunggal dan menjorok ke arah sungai menjadi keindahan atrium ini sendiri.

Satu hal yang menarik lagi dari museum yang satu ini adalah elemen penutupnya yang tidak dibuat dari plat besi maupun alumunium seperti halnya karya Gehry sebelumnya. Elemen penutup tersebut dibuat dari logam yang paling keras yaitu Titanium yang diklaim tahan selama ratusan tahun.

Tentu sulit untuk membentuk logam dengan tingkat kekerasan 9 skala mohs (berdasarkan pengukuran menggunakan hardness tester) tersebut menjadi bentuk yang indah. Tingkat kekerasan titanium ini hanya satu tingkat dibawah berlian yang menjadi material terkeras di bumi.

Museum ini merupakan hasil karya Gehry yang berhasil diterima oleh masyarakat dunia karena tidak semua karyanya diterima. Ini merupakan hasil atau buah perjalanan panjang Gehry sebagai arsitektur dunia.

Tags: