Intensitas Hujan

Intensitas Hujan – Hujan sendiri merupakan sebuah kejadian alami yang dimana air menetes secara bertahap dan turun dari langit lebih tepatnya dari awan yang dimana awan tersebut merupakan kumpulan uap air yang terangkat dari bumi.

Hujan terjadi akibat pemanasan yang dilakukan oleh matahari yang dimana air yang berada pada permukaan bumi akan naik menjadi uap air yang dimana uap air tersebut akan turun kembali menjadi air.

Siklus hujan berlangsung selama bertahun – tahun dan dimana hujan tersebut pastinya dialami oleh negara – negara yang memang mempunyai iklim yang tropis ataupun sub tropis dan sering terjadi di wilayah empat musim.

Dimana hujan mempunyai intensitas yang berbeda setiap waktunya dan memerlukan alat pengukur cuaca yang dimana alat tersebut fungsinya untuk mendeteksi cuaca yang akan terjadi.

Intensitas hujan sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu hujan dengan intensitas ringan, hujan dengan intensitas sedang, dan hujan dengan intensitas yang besar dan bisa menyebabkan bahaya bagi makhluk hidup itu sendiri.

Untuk intensitas hujan yang kecil sendiri biasanya mempunyai curah hujan yang dimana langit masih terlihat cerah dan tetesan air yang menetes dari atas masih dalam konsidi normal ataupun dalam artian masihlah stabil.

Dan untuk intensitas sedang sendiri biasanya yang paling menonjol adalah awan hitam yang dimana cahaya matahari masuk melalui celah – celah yang ada pada sekitar awan hitam sehingga masih terlihat lebih cerah.

Dan juga dengan debit air yang dimana debit air tersebut turun tetesan – tetesan air yang mengalir dengan cepat tetapi tidaklah terlalu deras airnya. Sehingga masihlah aman jika untuk melewatinya.

Untuk intensitas yang besar sendiri biasanya hujan ini turun dengan sangat cepat sehingga volume air yang turun dari langit pun akan semakin besar, ditambah lagi dengan awan hitam yang pekat seklai.

Dan hujan dengan intensitas yang besar bisa menyebabkan bahaya seperti banjir dan lain sebagainya, karena dampak dari volume air yang terus menerus mengguyur suatu wilayah dan dimana wilayah tersebut tidaklah mempunyai pengairan yang pas.