Pengertian Kerjasama

2 min read

Pengertian Kerjasama – Kerjasama banyak dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pengertian kerjasama bisa dikatakan sebagai suatu usaha bersama antar orang, orang dengan kelompok, atau antar kelompok dengan tujuan yang sama.

Pengertian Kerjasama

Kerjasama tidak bisa terlepas dari manusia yang pada dasarnya adalah mahluk sosial. Artinya manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa peran orang lain. Begitu pun dalam berbagai lini kehidupan, kerjasama dibutuhkan untuk bisa mencapai apa yang menjadi tujuan.

Kerjasama terbentuk karena adanya beberapa golongan yang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama. Untuk lebih mengerti tentang kerjasama, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Kerjasama
Setelah Anda mengerti arti kerjasama, berikut adalah hal-hal penting mengenai kerjasama yang mungkin bisa menambah pengetahuan Anda.

Arti Kerjasama
Pengertian kerjasama ada beberapa versi, tetapi pada intinya adalah usaha bersama untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama merupakan cara bagi suatu kepentingan untuk bisa dan lebih mudah dicapai. Kerjasama juga menjadi langkah untuk menjalin hubungan antar golongan. Dalam memenuhi kebutuhan sosial, manusia sangat membutuhkan orang lain dan tentunya dengan melalui sebuah kerjasama.

Bentuk-bentuk kerjasama
Di masyarakat Indonesia sangat mengenal yang namanya kerjasama yaitu dengan sebutan gotong royong. Gotong royong menjadi ciri masyarakat tanah air yang sejak dari dulu ada. Bentuk kerjasama gotong royong ini sering dilakukan masyarakat Indonesia untuk membantu sesama atau menjaga kondisi suatu lingkungan.

Bentuk kerjasama lain yang biasa dijumpai adalah kerjasama tawar-menawar. Bagi masyarakat Indonesia tawar-menawar adalah salah satu budaya dalam jual beli yang begitu melekat, terlebih di daerah pedesaan yang masih menjaga budaya tawar menawar.

Selain itu, ada pula bentuk kerjasama koalisi yang merupakan kerjasama yang dilakukan oleh beberapa organisasi. Bentuk lain adalah kerjsama joint venture atau kerjasama untuk menjalankan suatu proyek. Bentuk kerjasama juga dibedakan melalui pihak-pihak yang terlibat, seperti kerjasama bilateral, kerjasama diplomatik, kerjasama bisnis, dan lainnya.

Manfaat kerjasama
Kerjasama pastinya memberikan banyak manfaat bagi beberapa pihak yang terlibat. Adapun manfaat dari kerjasama yang bisa diperoleh antara lain adalah mempererat hubungan.

Melalui kerjasama setiap pihak yang bersangkutan tentu akan lebih banyak berhubungan atau berkomunikasi. Seperti apa manfaat kerja sama lain yang bisa diperoleh, yaitu menumbuhkan rasa persatuan.

Dalam bekerja sama tentu setiap pihak yang bersangkutan dituntut untuk bisa menyatu agar apa yang menjadi tujuan bisa tercapai. Manfaat yang jelas didapat dari kerjasama adalah usaha atau pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan lebih ringan dan lebih cepat.

Apabila sebuah pekerjaan sulit dan berat untuk diselesaikan sendiri, membangun kerjasama bisa menjadi solusinya. Pihak yang semakin banyak dalam sebuah kerjsama akan membuat pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Contoh kerjasama
Ada banyak contoh dari kerjasama yang sering dilakukan. Contoh kerja sama yang sering ditemukan adalah kerjasama bisnis. Bagi dunia bisnis, kerjasama adalah sesuatu yang penting dan memberikan banyak keuntungan.

Selain kerjasama bisnis, contoh lain yang sering dijumpai adalah kerjasama pendidikan. Seperti yang dilakukan beberapa instansi pendidikan dengan suatu pihak untuk bisa meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan.

Kerjasama pendidikan salah satunya adalah pertukaran pelajar atau mahasiswa yang kini mulai banyak dilakukan oleh instansi pendidikan tanah air dengan pihak luar. Contoh lain adalah kerjsama bilateral yang dilakukan pemerintah Indonesia dengan pemerintahan suatu negara.

Indonesia diketahui banyak menjalin kerjasama dengan negara-negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Republik Indonesia.

Cara menjalin kerjasama
Kerjasama yang baik adalah yang memiliki tujuan sama, maka dari itu menyamakan tujuan menjadi langkah pertama untuk mengadakan sebuah kerjasama. Profil dan kesan positif juga perlu ditampilkan pada rekan kerjasama supaya lebih mengenal dan bisa menyatu.

Dalam menjalin kerjasama semua pihak harus bisa menghargai dan menghormati setiap kebiasaan dan juga pendapat dari rekan kerjasama. Hal tersebut perlu dilakukan agar lebih mudah mencapai tujuan sesuai dengan pengertian kerjasama untuk mencapai tujuan yang sama.

Memberikan bantuan juga menjadi hal yang diperlukan untuk bisa menjalin kerjasama yang lancar dan sesuai tujuan. Selain itu, perlu juga untuk menunjukkan perhatian dan rasa antusias pada apa yang menjadi kerjasama.

Prinsip dalam menjalin kerjasama
Ada beberapa prinsip dalam kerjasama yang perlu ditaati supaya bisa menghasilkan sesuai apa yang diharapkan. Prinsip kerjasama antara lain adalah transparansi yang harus dijaga dengan benar.

Memiliki orientasi yang jelas untuk menjembatani kepentingan setiap pihak yang bekerjasama seperti pengertian kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Prinsip lain yang harus dijaga dalam bekerjasama adalah efisiensi dan juga efektifitas kerjasama.

Saat kerjasama tidak lagi efektif tentu tidak bisa memberikan keuntungan. Selain itu, dalam bekerjasama semua pihak juga harus berpegang pada prinsip akuntabilitas. Prinsip untuk kerjasama dengan melakukan perhitungan secara detail dan matang.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang pengertian kerjasama dan juga informasi-informasi lain seputar kerjasama. Bisa dilihat kerjasama adalah solusi untuk mencapai tujuan tertentu dengan lebih mudah dan ringan.

 

Incoming search terms:

  • makalah tentang bentuk bentuk kerja sama yang ada di lingkungan sekitar dan informasinya
  • masyarakat mufaka adalah bentuk kerjasama yaitu
  • pengertian kerjasama
  • kerjasama adalah
  • arti kerja sama
  • pengertian kerjasama jual beli dan bisnis
  • contoh dari kerja sama mukalafaj
  • bentuk kerja sama beserta manfaatnya di lingkungan sekitar
  • bentuk bentuk kerjasama
  • zubak bentuk kerjasama

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Pengertian dan Fungsi Besi Beton

Pengertian dan Fungsi Besi Beton – Besi beton atau yang biasa disebut beton bertulang adalah besi yang digunakan dalam pembuatan beton untuk kebutuhan tulangan...
akubeni1
1 min read

Perbedaan Garam Laut dan Garam Dapur Biasa

Perbedaan Garam Laut dan Garam Dapur Biasa – Mungkin selama ini Anda mengira kalau garam itu sama saja, namun sebenarnya ada sekitar 5 jenis...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *