Jenis Ban Mobil F1

Jenis Ban Mobil F1 – Anda tentu sudah mengetahui ajang balap mobil tercepat di dunia F1, balap mobil F1 juga disebut sebagai jet darat karena kecepatannya. Bagaimana tidak, rata – rata mobil F1 melaju dengan kecepatan 300 km/jam.

Jenis Ban Mobil F1

Dengan kecepatan yang luar biasa tersebut tentu membutuhkan komponen mobil dengan kualitas terbaik hingga pembalap terbaiknya dalam keadaan yang prima.

Baca Juga : Bahan Body Mobil F1

Bahan pembuat mobil F1 juga haruslah bahan yang kuat dengan bobot yang sesuai agar mampu bertahan dalam kecepatan yang super tinggi. Selain itu ban mobil juga menjadi faktor penting yang tidak hanya mampu bertahan dalam kecepatan tinggi namun juga sebagai faktor keselamatan pembalap.

Oleh karena itu dalam ajang balap Formula 1 pemilihan ban akan sangat berpengaruh terhadap hasil balapan yang dilaksanakan. Sejak tahun 2013 dalam balapan F1 terdapat enam jenis ban yaitu empat untuk balapan kering dan dua untuk trek hujan atau basah.

Ban mobil F1 untuk tipe balapan kering memiliki permukaan yang licin, polos dan halus (slick) berbeda dengan ban tipe basah yang memiliki tapak (treaded). Ban mobil F1 tipe kering dengan permukaan slick mempunyai 4 kategori yang digunakan dimana masing – masing kategori dibedakan berdasarkan warna sebagai berikut :

  • Hard (orange) : daya cengkeram paling rendah namun memiliki daya tahan atau durability yang paling tinggi
  • Medium (putih) : daya cengkeram yang setingkat lebih baik dengan durability setingkat lebih rendah
  • Soft (kuning) : daya cengkeram yang setingkat lebih baik dari Medium dengan durability setingkat lebih rendah
  • Super Soft (merah) : daya cengkeram yang paling baik dengan durability paling rendah

Sedangkan ban dengan tipe basah mempunyai 2 tipe / jenis yaitu :

  • Intermediate (hijau) : penggunaannya pada trek basah yang tidak memiliki genangan air
  • Full Wet (biru) : penggunaan pada trek basah yang memiliki genangan air

Ban yang digunakan pada mobil F1 ini juga disesuaikan dengan jenis dan kondisi lintasan balapan. Namun penggunaan ban dengan tingkat kekerasan yang baik merupakan hal yang wajib karena ban yang digunakan pada kecepatan tinggi akan mudah terkikis.

Dalam menentukan standar kekerasan ban pada mobil F1 biasanya pabrikan ban menggunakan alat ukur kekerasan atau hardness tester untuk ban yang digunakan untuk mengukur kekerasan karet. Tentu standar ban mobil F1 merupakan ban dengan standar yang sangat tinggi dan bahkan ban khusus mobil F1 ini tidak dijual secara umum di pasaran.

Incoming search terms:

  • Jenis ban mobil F1
  • macam ban mobil

Tags: