Khasiat Berkumur Dengan Air Garam

1 min read

Khasiat Berkumur Dengan Air Garam – Air garam merupakan jenis air biasa, namun mengandung garam yang terlarut didalamnya. Beberapa kahasiat garam telah ditemukan, salah satu kasiat air garam adalah untuk menjaga kebesihan rongga mulut.

Khasiat Berkumur Dengan Air Garam
Khasiat Berkumur Dengan Air Garam

Dengan melarutkan garam kedalam air sesuai dengan perbandingan dapat membantu menjaiga rongga mulut. Untuk mengukur kadar garam yang terlarut dalam air dapat menggunakan alat refraktometer.

Air garam tersebut akan digunakan untuk berkumur, bukan untuk diminum. Dengan berkmur menggunakan air garam dapat membantu menjaga kesehatan gusi, gigi, dan yang ada di dalam rongga mulut. Hal tersebut karena kandungan natrium, klorida dan iodium yang terkandung di dalam garam yang terlarut air.

Beberapa khasiat berkumur menggunakan air garam ada di bawah ini :

  1. Membersihkan mulut

Kandungan yang ada di dalam garam, dapat menggantikan mouthwash yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Karena itu akan menghemat pengeluaran dan merupupakan cara alami.

  1. Mencegah timbulnya rasa ngilu

Rasa ngilu di gigi sangat mengganggu kegiatan. Dengan menggunakan air garam, dapat membersihkan gigi dengan alami. Hanya dengan berkumur dengan air garam saja. Namun, untuk penderita gigi sensitive tidak dianjurkan berkumur air garam terlalu sering.

  1. Menjaga email gigi

Dengan berkumur menggunakan air garam dapat membantu menjaga email gigi. Hal tersebut dikarenakan kandungan flour dan poshpor yang terkandung dalam garam mampu membantu menguatkan tulang dan gigi.

Sehingga, dengan berkmur menggunakan air garam dapat membantu menjaga email gigi.

  1. Baik untuk radang gusi

Gusi yang berdarah biasanya disebabkan oleh bakteri yang bersarang dalam gusi dan rongga mulut. Dengan berkumur air garam dapat membantu membunuh bakteri yang ada dalam sel. Bakteri yang mati tidak akan membuat gigi menjadi mengalami peradangan.

  1. Menguatkan gusi

Garam mengandung natrium klorida. 1,5% natrium klorida mampu membunuh kuman dan melunturkan sisa makanan yang masih berada di rongga mulut. Air garam dapat membantu menguatkan gusi, serta melenturkan otot dan mengurangi rasa sakit pada otot.

  1. Menghilangkan bau mulut

Dengan menggunakan air garam konsentrasi tinggi mampu membunuh bakteri. Kandungan iodium juga baik untuk mikroorganisme serta tidak menimbulkan warna dan bau.

  1. Mengurangi sakit gigi

Dengan berkumur air garam dengan rutin, mampu mengurangi rasa sakit pada gig, dengan konsultasi dengan dokter sebelum melakukannya.

Incoming search terms:

  • berkumur dengan air garam

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu...
akubeni1
2 min read

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun – Sejak zaman romawi kuno, minyak zaitun memang telah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Minyak...
akubeni1
2 min read

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Melihat Komputer

Banyak sekali yang mengeluhkan mata sakit dan lelah karena terlalu lama melihat layar komputer. Bagi orang yang bekerja dengan memanfaatkan teknologi komputer tentu melihat...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *