Macam Macam Beras di Indonesia

1 min read

Macam Macam Beras di Indonesia – Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia, sebenarnya tak hanya di Indonesia saja yang mengonsumsi beras atau nasi. Beras yang terdapat di Indonesia memiliki berbagai jenis, dari daerah masing masing.

Macam Macam Beras di Indonesia
Macam macam beras di Indonesia

Diantara jenis beras di Indonesia, berikut ini adalah ciri dari beras yang terkenal di Indonesia :

  • Pandan Wangi

Siapa yang tidak tahu beras yang satu ini. Beras pandan wangi sangat terkenal karena memiliki tekstur yang pulen saat dimakan, selain itu beras ini terkenal karena memiliki bau yang wangi seperti daun pandan. Beras yang berasal dari cianjur ini memiliki fisik yang cenderung bulat dan tidak memiliki ujung yang runcing.

  • IR 64

Beras yang memiliki jangka simpan hingga tiga bulan ini, memiliki bentuk runjing dan memanjang. Meskipun beras ini dapat bertahan cukup lama, namun jika sudah dimasak beras ini menjadi cepat basi. Untuk rasa, beras ini memiliki tekstur pulen setelah dimasak namun tak berbau wangi seperti beras pandan wangi.

  • Rojolele

Jangan anggap beras ini memiliki hubungan dengan ikan lele. Beras rojolele ini berasal dari daerah jawa tengah dan jawa timur. Salah satu ciri fisik yang dapat membedakan beras rojolele dengan beras lainnya adalah karena memiliki sedikit warna putih susu pada beras, selain itu beras ini berbentuk bulat dan memiliki aroma yang harum.

  • IR 42

Dilihat dari namanya saja beras ini memiliki kemiripan dengan beras IR 64. Selain namanya yang mirip, fisik berasnya juga mirip yaitu berbentuk lonjong, yang membedakan adalah ukuran beras IR 42 yang lebih kecil disbanding dengan beras IR 64.

Beras ini sering dijadikan olahan nasi, seperti nasi goreng, nasi uduk, lonthong, dan ketupat. Hal ini disebabkan karena beras IR 42 memiliki tekstur yang tidak pulen. Petani tidak banyak menanam padi jenis ini, oleh karena itu harga beras ini lumayan mahal.

  • Beras merah

Beras merah adalah beras yang cukup terkenal di masyarakat. Beras ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, karena kandungan dalam beras ini dapat menjadikan seseorang merasa nyaman. Untuk harga yang dipatok pada pasar terbilang tinggi, karena tak banyak petani yang menanamnya. Beras ini jika sudah berubah menjadi nasi akan terasa pulen dan mengenyangkan, namun perlu diperhatikan bahwa beras merah cepat basi.

Cermatlah dalam memilih beras, karena saat ini banyak beredar beras yang mengandung pemutih, pewangi, dan juga beras plastik. Kini sudah ada alat yang dapat mengukur kadar air pada beras, yaitu bernama grain moisture meter. Alat ini digunakan sebagai alat pengukur kadar air bijian.

Bagi Anda yang diwilayah JABODETABEK dan menginginkan beras IR 64 (Setra Ramos) yang berkualitas serta aman untuk dikonsumsi bisa menghubungi kami. Keunggulan beras kami adalah beras alami, fresh, tanpa pengawet dan tanpa pemutih. Kami juga sediakan GRATIS ONGKIR untuk area JABODETABEK.

Hubungi via WA

Incoming search terms:

  • jenis beras
  • jenis jenis beras
  • macam macam beras
  • kumpulan jenis beras di indonesia
  • nama nama beras
  • macam beras
  • macam macam nama beras
  • jenis beras di indonesia
  • jenis-jenis beras
  • jenis2 beras

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Syarat Tumbuh Tanaman Durian – Durian, buah yang satu ini siapa yang tidak mengenalnya. Buah yang mendapat julukan sebagai raja buah ini memang memiliki...
akubeni1
1 min read

Penanaman Buah Ceri

Penanaman Buah Ceri – Buah ceri adalah buah yang sangat digemari oleh masyarakat jepang. Bunga buah ceri disebut juga dengan bunga sakura. Bunga sakura...
lindanw15
1 min read

Apa Itu Tanaman Hidroponik

Apa Itu Tanaman Hidroponik – tanaman hidroponik merupakan metode tanaman yang menggunakan media tanam air. Metode tersebut sering digunakan oleh masyarakat didaerah yang memiliki...
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *