Makanan dan Minuman yang Baik dan Buruk Untuk Gigimu

Meski kita sudah menggosok gigi dua kali sebelum tidur dan sesudah sarapan, dan memakai pasta gigi berkualitas seperti pasta gigi NASA yang bisa kamu dapatkan disini, itu semua belum cukup. Makanan yang kamu makan sehari-hari juga ikut menentukan kesehatan gigimu.

Makanan dan Minuman yang Baik dan Buruk Untuk Gigimu

Ada makanan yang bagus untuk gigi namun ada juga yang bisa merusak gigi jika dikonsumsi berlebihan.

Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Gigi

  • Daging, keju, kacang-kacangan, susu.
    Makanan ini kaya akan kalsium dan fosfor, dua mineral yang membantu menjaga enamel gigi tetap kuat. Ketika kamu memakannya, mineral di dalamnya akan didistribusikan ke gigi, yang disebut remineralisasi.
  • Sayuran dan buah-buahan yang renyah.
    Buah-buahan dan sayuran yang teksturnya renyah baik untuk gigi karena memiliki kandungan air tinggi yang mengencerkan gula alami mereka. Saat dikunyah akan mengikis/menggosok gigi dan kandungan airnya membantu menghilangkan sisa makanan pada gigi. Buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi juga akan meningkatkan produksi air liur yang membantu membersihkan mulut.
  • Air putih.
    Minum air putih sepanjang hari membantu membilas gula dan asam dari sisa makanan yang tertinggal di sela gigi. Hal itu bisa mencegah penumpukan bakteri berbahaya dan plak yang dapat merusak email gigi dan jaringan gusi.
  • Permen karet tanpa gula.
    Sesekali mengunyah permen karet yang tanpa gula akan membantu membersihkan gigi. Teksturnya yang lengket dan fleksibel memungkinkannya untuk masuk di sela-sela gigi dan menghilangkan sisa makanan dan sebagian plak. Mengunyah juga meningkatkan produksi air liur yang membantu membersihkan asam di mulut.

Makanan dan Minuman yang Kurang Baik Untuk Gigi

  • Makanan bertepung.
    Makanan bertepung seperti keripik kentang, roti putih, pasta putih, dan kerupuk mengandung lebih banyak gula daripada makanan dari gandum utuh. Jika tidak dibersihkan segera setelah makan, gula ini akan menghasilkan asam yang dapat merusak gigi dan gusi.
  • Makanan asam.
    Jika makanan asam seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, dan acar dimakan secara berlebihan dan sisanya dibiarkan dalam mulut untuk waktu yang lama, asam di dalamnya dapat menggerogoti email. Erosi enamel ini melemahkan kekuatan gigi dan dapat membuatnya rentan terhadap sensitivitas dan pembusukan.
  • Minuman bergula.
    Mengonsumsi minuman yang mengandung gula secara terus-menerus berarti memapar gigi  terus-menerus terhadap asam-asam berbahaya sepanjang hari. Kerusakan gigi bisa terjadi lebih cepat, dan mungkin timbul masalah mulut lainnya seperti sariawan.
  • Permen yang lengket.
    Permen yang kenyal, keras, dan lengket kurang bagus bagi gigi karena meninggalkan sisa gula di mulut. Jika tidak segera dibersihkan, ia akan bereaksi dengan bakteri di mulut dan menciptakan asam yang dapat membahayakan gigi dan gusi.

Begitu sudah tahu makanan apa yang baik dan kurang baik untuk gigi, ke depannya kamu bisa lebih mempertimbangkan menu makanmu dan seberapa banyak kamu akan mengonsumsinya. Gigi adalah organ penting yang seringkali disepelekan, mulailah dari sekarang untuk lebih memperhatikan kesehatan gigimu.

Incoming search terms:

  • gambar makanan baik buat gigi
  • makanan yang dapat merusak gigi

Tags: