Tanda Gunung Meletus

Tanda Gunung Meletus – Alam perlu kita jaga kelestariannya, karena bila kita terlalu mengeksplorasinya dapat memberikan dampak yang buruk bagi kita sebagai manusia. Peristiwa alam seperti bencana alam merupakan contoh kondisi dimana alam tidak bersahabat dengan kita.

Tanda Gunung Meletus

Terkadang bencana alam tidak dapat kira prediksi terlebih dahulu, namun sesungguhnya alam memberikan tanda – tanda yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian orang sebelum terjadinya bencana.

Gunung meletus juga merupakan salah satu contoh bencana alam yang sebenarnya dapat kita prediksi. Meskipun tidak akurat kapan gunung itu akan meletus namun sebelum gunung yang aktif akan meletus sebenarnya gunung juga akan memberikan tanda – tanda lebih dahulu yang mungkin tidak disadari sebagian orang.

Orang yang memang mempelajari tentang geografi tentang gunung dan orang yang tinggal di sekitarnya sejak lama serta juru kunci gunung mungkin sudah mengetahui bagaimana tanda sebuah gunung akan meletus. Namun bagi orang awam mungkin belum mengetahui tanda – tanda tersebut, untuk Anda yang belum mengetahuinya maka perlu mengetahui tanda tersebut bila Anda akan melakukan aktivitas di sekitar gunung atau bahkan akan melakukan pendakian.

Berikut ini ada beberapa tanda gunung berapi ketika akan meletus :

1. Suhu di sekitar gunung meningkat

Meskipun meningkatnya suhu mempunyai banyak arti seperti halnya akan turun hujan, namun meningkatnya suhu di daerah sekitar gunung juga dapat berarti bahwa gunung tersebut akan meletus. Meningkatnya suhu panas ini tentu dapat Anda rasakan pada tubuh Anda maupun menggunakan alat termometer.

2. Sumber air mengering

Gunung api yang meningkat suhunya juga dapat menyebabkan sumber mata air di gunung tersebut mengering. Akan tetapi tidak hanya itu saja, suhu gunung yang memanas juga dapat membuat air pada sumber air menghangat, bila hal ini sudah terjadi maka waspadalah karena gunung akan segera meletus.

3. Ada gemuruh dan getaran

Timbulnya getaran sekaligus gemuruh di daerah gunung juga menjadi pertanda bahwa gunung akan segera meletus. Hal ini disebabkan karena material yang terdapat dalam perut gunung mulai mendesak untuk keluar melalui kawahnya sehingga terjadilah getaran yang kemudian disertai dengan gemuruh.

4. Tumbuhan mulai layu

Meningkatnya suhu pada daerah gunung juga akan menyebabkan banyak tanaman yang tumbuh di sekitarnya mulai layu. Bila Anda menemukan hal ini sebaiknya segera menjauh dari daerah pegunungan karena gunung akan segera meletus dalam waktu dekat.

5. Migrasi hewan

Migrasi pada hewan terutama burung dapat menjadi tanda yang lebih jelas bahwa gunung akan segera meletus. Beberapa jenis burung memang ada yang tinggal di gunung sebagai habitat alaminya. Bila gunung sudah mengeluarkan hawa yang tidak nyaman bagi mereka maka membuatnya bermigrasi ke tempat lain.

Tags: