Makanan Penurun Asam Lambung

1 min read

Makanan Penurun Asam Lambung – Penyakit asam lambung adalah penyakit yang termasuk dalam penyakit pencernaan kronis yang disebabkan naiknya asam lambung menuju esofagus (kerongkongan). Asam lambung biasanya akan menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn) dan biasanya penyakit ini dapat diatasi menggunakan obat seperti antasida, cimetidine atau ranitidin.

Makanan Penurun Asam Lambung

Namun tahukah Anda penyakit asam lambung dapat diatasi lebih dahulu menggunakan makanan alami yang rendah lemak, tinggi serat seperti pada biji – bijian, buah – buahan, sayuran, hingga daging tanpa lemak. Lalu jenis makanan apa sajakah yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung lainnya :

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat menurunkan asam lambung, Hal ini karena pisang memiliki pH 5,6 (Anda dapat mengukurnya dengan pH meter) yang sangat bagus untuk membantu meringankan gejala penyakit asam lambung, akan tetapi tidak semua orang yang mengalami asam lambung dapat mengobatinya menggunakan pisang. Justru ada beberapa orang yang justru asam lambungnya semakin parah dengan mengkonsumsi pisang.

2. Melon

Melon juga dapat mengatasi asam lambung dengan pH yang lebih tinggi yaitu pH 6,1. Buah ini dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam lambung, namun sama halnya seperti pisang bahwa tidak semua orang yang dapat mengatasi asam lambung dengan melon.

3. Semangka, Apel, Pir

Ketiga buah ini juga disarankan untuk dikonsumsi guna mengatasi gejala asam lambung.

4. Oatmeal

Selain buah, untuk meringankan gejala GERD dapat pula menggunakan jenis makanan lain seperti halnya oatmeal. Oatmeal merupakan jenis makanan yang cocok bagi para penderita asam lambung yang sedang menjalani program diet.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang rendah gula dan lemak seperti halnya kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, selada, kentang, dan mentimun merupakan jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung.

6. Daging Tanpa Lemak

Daging yang berasal dari sapi, ayam maupun ikan yang dimasak dengan cara dipanggang, dikukus atau direbus juga bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita asam penyakit lambung, selain itu Seafood atau boga bahari yang rendah lemak juga dapat Anda konsumsi, asalkan tidak digoreng dan dalam jumlah yang wajar.

7. Jahe, Adas, Lidah Buaya

Merupakan jenis tanaman herbal yang dapat membantu meringankan gejala penyakit tersebut. Jahe sendiri dikenal sebagai obat anti-inflamasi yang ampuh yang efektif untuk membantu meringankan penyakit asam lambung.

Sedangkan adas dengan pH 6,9 juga dapat meningkatkan fungsi lambung sehingga baik juga dikonsumsi untuk penderita asam lambung dan Aloe vera atau lidah buaya juga terkenal sebagai tanaman herbal untuk menangani gejala penyakit asam lambung.

Namun patut diperhatikan bahwa tidak semua jenis makanan diatas dapat menurunkan asam lambung pada beberapa orang. Karena ada sebagian orang yang justru alergi dengan jenis makanan tersebut.

Gejala TBC

Gejala TBC – Ada beberapa nama penyakit yang mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Dibelakangi oleh faktor-faktor khusus seperti kondisi cuaca di Indonesia, atau pun...
akubeni1
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak- Bersantai di siang hari yang terik sambil menikmati segarnya buah sirsak tentu merupakan sebuah kenikmatan. Apalagi jika buah sirsak diambil dari kebun sendiri....
akubeni1
3 min read

Ciri-Ciri Orang Hamil

Ciri-Ciri Orang Hamil – Hamil dan melahirkan merupakan impian hampir semua wanita untuk menyempurnakan kodratnya. Pasangan-pasangan suami istri yang belum lama menikah biasanya sudah sangat menantikan datangnya...
akubeni1
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *