Manfaat Abu Vulkanik Gunung Berapi

1 min read

Manfaat Abu Vulkanik Gunung Berapi – Abu vulkanik merupakan hasil dari terjadinya bencana alam gunung meletus. Abu vulkanik akan sangat membahayakan bila mengenai makhluk hidup karena dapat menyebabkan kematian.

Manfaat Abu Vulkanik Gunung Berapi

Abu vulkanik merupakan salah satu jenis bahan alami yang terbentuk di dalam perut gunung dan ketika gunung meletus maka semua material akan keluar termasuk abu vulkanik. Material yang dikeluarkan dari gunung meletus seperti lahar, lava, abu vulkanik dan material batu adalah jenis material yang membahayakan.

Namun dari semua material tersebut, abu vulkanik yang justru mempunyai dampak positif setelahnya. Kandungan mineral seperti magnesium, seng, mangan, zat besi dan selenium di dalam abu vulkanik akan memberikan kesuburan bagi tanah yang ada di sekitarnya.

Namun manfaat abu vulkanik ini didapat setelah abu tersebut keluar dan mendingin. Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat abu vulkanik gunung berapi :

1. Menyuburkan Tanah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kandungan yang terdapat pada abu vulkanik merupakan nutrisi yang dibutuhkan tanah. Saat nutrisi tersebut bercampur dengan tanah dan tersiram oleh air hujan maka hal ini akan menambah kesuburan tanah dan proses tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu daerah di sekitar gunung berapi yang telah meletus akan menjadi subur, Anda dapat menguji tingkat kesuburan tanah menggunakan bantuan alat soil pH meter.

2. Meningkatkan Aktifitas Pertanian

Dengan tanah yang menjadi subur, tentu membuat sektor pertanian pada daerah tersebut meningkat. Oleh karena itu para petani di daerah tersebut sulit untuk meninggalkan daerah tersebut terlebih lagi menjual tanahnya. Hal ini membuat pertanian di kawasan pegunungan selalu terlihat lebih subur dibandingkan kawasan lain dan tanah disekitar pegunungan selalu mendukung untuk pertanian sayur, buah dan berbagai tanaman kayu.

3. Menyediakan Bahan Bangunan

Selain menyuburkan tanah di sekitarnya, abu vulkanik juga dapat menjadi bahan bangunan yang baik. Berbagai jenis batu apung, abu vulkanik, pasir dan tanah akan bercampur dan menjadi campuran agregat yang baik karenanya bahan tersebut sering digunakan dalam bahan bangunan. Bahkan abu vulkanik ini juga dapat dimanfaatkan menjadi bahan campuran membuat semen dan material beton.

4. Menciptakan Pariwisata

Abu vulkanik hasil letusan gunung berapi ternyata juga dapat menjadi tempat wisata baru. Hal ini karena abu vulkanik yang menumpuk selama beberapa tahun akan menjadi pulau buatan dan akan menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Jenis Kayu Yang Sering Dipakai Di Indonesia

Jenis Kayu Yang Sering Dipakai Di Indonesia – Kayu sendiri merupakan sebuah kebutuhan seseorang yang dimana sering digunakan untuk membuat sebuah furniture seperti meja...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Akibat Dari Kebakaran Hutan

Akibat Dari Kebakaran Hutan – Kebakaran hutan merupakan peristiwa yang masih banyak terjadi pada hutan yang jauh dari pemukiman. Indonesia sendiri merupakan negara yang...
akubeni1
2 min read

Proses Turunnya Hujan Salju

Proses Turunnya Hujan Salju – Salju merupakan butiran – butiran padat yang terbentuk dari air yang membeku dan turun ke bumi yang biasanya akan...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *