Manfaat Daun Sirsak

3 min read

Manfaat Daun Sirsak- Bersantai di siang hari yang terik sambil menikmati segarnya buah sirsak tentu merupakan sebuah kenikmatan. Apalagi jika buah sirsak diambil dari kebun sendiri.

Manfaat Daun Sirsak

Buah sirsak memang merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Pohon buah ini juga mudah tumbuh di pekarangan rumah sehingga tak jarang orang-orang akan memelihara pohon buah yang satu ini. Kemudian pengolahannya juga bermacam-macam, bukan hanya untuk dimakan langsung saja.

Lihat saja berbagai merek minuman kemasan. Rata-rata merek-merek minuman kemasan di pasaran tentu menyediakan varian rasa sirsak. Bukan hanya minuman saja, namun juga makanan tradisional seperti dodol. Ada banyak makanan yang berasal dari buah yang satu ini.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata bukan hanya buahnya saja. Daun sirsak juga bisa digunakan untuk berbagai hal. Ada banyak manfaat daun sirsak. Mulai dari menghilangkan kutu rambut sampai mengobati penyakit serius seperti kanker.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Menghilangkan Kutu Rambut dan Ketombe

Nikmatnya menyantap buah sirsak hasil kebun sendiri tentu akan terganggu dengan ketidaknyamanan di kepala akibat kutu rambut atau ketombe. Nah, jika di pekarangan rumah Anda atau pekarangan rumah tetangga ada pohon sirsak, maka petiklah beberapa helai daunnya.

Kemudian rebus daun tersebut, saring, dan dinginkan sejenak. Gunakan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut Anda. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka kutu rambut dan ketombe akan hilang, Anda pun akan kembali nyaman.

Daun pohon sirsak memang memiliki kemampuan yang ajaib untuk menjadi racun bagi para serangga atau parasit. Sehingga, Anda bisa merasakan manfaat daun sirsak untuk membasmi kutu dan ketombe pada rambut.

Jadi, berhenti untuk menggaruk kulit kepala dan gunakan saja daun sirsak untuk mencuci rambut. Tak perlu juga untuk menggunakan sisir khusus karena terlalu sering menyisir rambut justru akan membuat rambut menjadi rusak.

Mungkin Anda bisa menggunakan sisir khusus di awal, namun selanjutnya hanya perlu gunakan rebusan daun sirsak. Dengan menggunakan obat alami rebusan daun sirsak, Anda juga bisa menghindari obat-obatan penghilang kutu rambut yang mengandung bahan kimia yang tak selalu cocok untuk rambut dan kulit kepala Anda.

Tak perlu resah lagi kalau terserang kutu rambut yang menyebalkan ya. Karena Anda bisa menggunakan manfaat daun sirsak untuk mengatasinya.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Meningkatkan Kesuburan
Ketidaknyamanan bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Bukan hanya dalam diri sendiri, namun juga dalam hal hubungan. Memang hubungan suami istri dijalin bukan semata-mata untuk memperoleh keturunan.

Namun, saat usia pernikahan sudah terjalin bertahun-tahun dan belum juga dikaruniai anak, maka hubungan tersebut bisa menjadi tidak nyaman. Bahkan, lebih ekstrimnya bisa menimbulkan pertengkaran kemudian perceraian.

Mengonsumsi daun sirsak bisa menjadi salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini karena meningkatkan produksi sperma dan memperkuat rahim merupakan salah satu manfaat daun sirsak.

Cara memanfaatkan daun sirsak untuk kesuburan adalah dengan membuatnya menjadi minuman berkhasiat. Cara membuat rebusan daun sirsak yaitu pertama- tama siapkan 15 lembar daun sirsak, daun salam, sereh, gula jawa, madu, dan 5 gelas air.

Kemudian rebuslah bahan-bahan tersebut dalam 5 gelas air yang sudah Anda siapkan.Jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu bahan-bahan yang perlu dicuci. Jika sudah mendidih, saringlah air dari ampasnya dan biarkan dingin sejenak. Setelah dingin, Anda dan pasangan bisa meminumnya.

Minumlah secara rutin di pagi dan sore hari agar hasilnya maksimal. Meminum rebusan daun sirsak bisa menjadi salah satu jalan Anda mengusahakan keturunan bagi keluarga. Namun, manusia tentu hanya bisa berusaha, sementara Tuhan
yang menentukan.

Namun, secara ilmiah, daun sirsak memang memiliki kemampuan untuk bisa meningkatkan kesuburan sehingga Anda bisa mengandalkannya.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Kista Ovarium
Selain masalah kesuburan, ada hal lain yang tak kalah menakutkan bagi wanita yaitu penyakit yang menyerang sistem reproduksinya. Ada banyak penyakit yang mengintai wanita, sebut saja kanker serviks, radang panggul, myoma, kista ovarium, hingga kanker rahim dan segala jenis kanker pada sistem reproduksi.

Diantara berbagai penyakit yang menyerang sistem reproduksi wanita, ada yang bisa diobati dengan manfaat daun sirsak yaitu kista ovarium. Kista ovarium merupakan benjolan berisi cairan yang bisa terus berkembang pada indung
telur.

Cairan tersebut merupakan cairan kental, udara, dan cairan nanah yang bisa sampai meradang. Kista ovarium ini juga biasanya disebut sebagai tumor jinak. Namun, meski namanya jinak tetap saja tak bisa diremehkan. Umumnya yang mengalami kista ovarium adalah wanita pada masa reproduksi. Beberapa gejala yang timbul dari penyakit ini diantaranya:

  • Tidak teraturnya siklus haid,
  • Nyeri haid yang luar biasa,
  • Nyeri bahkan hingga keluar darah dari daerah miss V,
  • Ada rasa sakit ketika buang air kecil atau buang air besar,
  • Nyeri pada daerah panggul setelah berhubungan atau melakukan latihan intensif,
  • Kram perut yang terjadi tiba-tiba,
  • Mual sampai muntah.

Itulah beberapa gejala kista ovarium yang perlu Anda waspadai. Jika mengalami gejala tersbeut, maka segera periksakan diri ke dokter. Kemudian ketika dinyatakan memiliki kista ovarium, maka jangan panik. Ikutilah saran dokter dan gunakan manfaat daun sirsak.

Cara memanfaatkan daun sirsak untuk kista ovarium yaitu seperti penggunaan sebelumnya. Rebus daun sirsak dan minum air rebusannya. Jangan lupa untuk memilih daun sirsak yang kondisinya paling baik, jangan gunakan daun sirsak yang rusak.

Manfat Daun Sirsak Untuk Mengobati Kanker
Inilah salah satu manfaat daun sirsak yang paling terkenal yaitu untuk mengobati kanker. Daun sirsak dikenal sebagai daun yang memiliki kemampuan untuk menghambat sel kanker dengan lebih cepat dan efektif bahkan dibanding dengan menjalani kemoterapi.

Kemampuan tersebut berasal dari kandungan acetogenin-nya. Kandungan tersebut memiliki kekuatan yang sangat mumpuni untuk melawan sel kanker, yaitu 10.000 lebih kuat daripada adriamycin yang ada pada obat kemoterapi.

Tentunya, demi kebaikan, penderita penyakit kanker bisa melakukan konsultasi dengan dokter tentang penggunaan daun sirsak dan kemoterapinya agar penanganan terhadap kanker yang dilakukan bisa lebih maksimal.

Untuk menggunakan daun sirsak obat kanker, masih sama seperti sebelumnya. Yaitu dengan menggunakan air rebusan daun sirsak untuk diminum. Penderita kanker bisa meminumnya baik dalam keadaan hangat maupun dingin.

Pastikan untuk rutin meminumnya setiap pagi agar khasiat bisa dirasakan. Sangat banyak bukan manfaat daun yang satu ini? Selain manfaat daun sirsak yang sudah kita bahas, masih banyak lagi manfaat lainnya. Misalnya seperti untuk mengobati asam urat, diabetes, kolesterol, penyakit paru-paru, dan berbagai penyakit lainnya.

Jadi, jika Anda memiliki pohon sirsak di pekarangan rumah, jangan tebang karena ternyata memiliki banyak manfaat. Anda bisa memberitahukannya kepada keluarga atau teman yang membutuhkan. Jangan lupa juga untuk membagikan daun sirsak dari pohonnya di pekarangan Anda pada orang-orang yang membutuhkan.

Incoming search terms:

  • kista mirip kentombe

Manfaat Madu Untuk Anak

Manfaat Madu Untuk Anak – Sudah sejak lama madu dipercaya umat manusia mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita. Bahkan para atlit jaman...
akubeni1
1 min read

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu...
akubeni1
2 min read

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun – Sejak zaman romawi kuno, minyak zaitun memang telah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Minyak...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *