Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kecantikan

1 min read

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kecantikan – Cengkeh merupakan tanaman toga yaitu tanaman obat keluarga dan juga digunakan pula sebagai rempah – rempah. Cengkeh ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kita dan sudah sejak lama dimanfaat sebagai obat tradisional.

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kecantikan

Dalam pembuatan rokok, cengkeh ini menjadi bahan campuran tembakau. Selain itu cengkeh juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan khas Indonesia. Cengkeh juga banyak mengandung Eugenol (C10H12O2) dan karenanya sering tambahan dalam pembuatan obat maupun produk kecantikan. Namun berbagai manfaat ini bisa didapatkan bila cengkeh telah diolah menjadi minyak cengkeh.

Cengkeh dan daun cengkeh yang telah dipanen ini biasanya akan dikeringkan terlebih dahulu sebelum diolah menjadi minyak cengkeh. Pengeringan ini bertujuan untuk mengurangi kadar air pada cengkeh, biasanya untuk mendapatkan hasil yang akurat para petani akan menggunakan alat ukur kadar air atau moisture meter untuk mengukur kadar air pada cengkeh.

Setelah didapat kadar air yang sesuai maka selanjutnya cengkeh dapat diproses menjadi minyak cengkeh. Minyak cengkeh ini terkenal sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Selain digunakan sebagai obat tradisional, minyak cengkeh juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Oleh karena itu minyak cengkeh sering digunakan sebagai produk kecantikan, untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat minyak cengkeh untuk kecantikan :

  • Mengatasi Jerawat
    Sudah sejak lama minyak cengkeh diyakini dapat mengatasi masalah jerawat. Minyak cengkeh ini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat karena minyak cengkeh mempunyai sifat antiseptik dan antimikroba. Untuk pemakaiannya Anda cukup mengoleskan minyak cengkeh pada area yang terkena jerawat dan biarkan semalaman. Setelah itu bilas area wajah yang telah dioles minyak cengkeh ini.
  • Menyamarkan Bekas Luka
    Minyak cengkeh ini juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka karena di dalam minyak cengkeh mengandung mineral seperti kalium, natrium, fosfor, besi, dan vitamin A. Karena kandungannya ini minyak cengkeh berkhasiat mengobati beberapa masalah kulit. Dengan sifatnya sebagai exfoliator hebat, minyak cengkeh berfungsi sebagai senyawa kimia yang dapat mengupas dan menyamarkan bekas luka serta membuat area kulit yang luka menjadi lebih cerah dan sehat.
  • Sumber Antioksidan
    Karena mengandung banyak mineral maka minyak cengkeh ini juga dapat menjadi sumber antioksidan yang baik. Hal inilah yang akan membuat kulit akan tetap terlihat indah dan sehat, selain itu kandungan mineral yang banyak juga membuat minyak cengkeh dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas luka sayatan bahkan luka bakar.
  • Kondisioner
    Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata cengkeh juga dapat digunakan sebagai kondisioner alami. Minyak cengkeh bermanfaat mengatasi rambut kering, berubah warna hingga bercabang. Minyak cengkeh akan merawat folikel atau kantung rambut dengan baik serta akan memberikan perawatan alami bagi rambut.
  • Mencegah Rambut Rontok
    Dengan menggunakan minyak cengkeh sebagai kondisioner juga dapat mengatasi masalah rambut rontok, ketombe, hingga kebotakan karena minyak cengkeh dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara mencegah kerontokan.

Meskipun minyak cengkeh ini harganya berbeda dengan minyak kemiri maupun minyak goreng namun minyak cengkeh ini mempunyai manfaat yang bisa Anda coba gunakan secara rutin, karena minyak cengkeh bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak- Bersantai di siang hari yang terik sambil menikmati segarnya buah sirsak tentu merupakan sebuah kenikmatan. Apalagi jika buah sirsak diambil dari kebun sendiri....
akubeni1
3 min read

Fakta Dibalik Kulit Pisang

Fakta Dibalik Kulit Pisang – Kulit pisang biasanya akan menjadi sampah ketika isinya telah habis. Biasanya kulit pisang akan dikumpulkan dan dijadikan pupuk kompos....
lindanw15
1 min read

Cara Memutihkan Gigi

Cara Memutihkan Gigi Alami Yang Ampuh – Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dirawat. Selain agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, merawat gigi juga...
akubeni1
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *