Manfaat Minyak Zaitun

2 min read

Manfaat Minyak Zaitun – Sejak zaman romawi kuno, minyak zaitun memang telah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Minyak zaitun adalah lemak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak dari buah pohon zaitun yang berasal dari wilayah Mediterania ini mengandung banyak vitamin, terutama vitamin E, K, lemak, dan sedikit zat besi. Manfaat minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk keperluan kosmetik seperti yang baisanya Anda ketahui, melainkan juga untuk masakan, obat-obatan, bahan pembuat sabun, hingga sebagai bahan bakar lampu tradisional.

Minyak zaitun kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk tubuh. Selain itu, minyak ini juga dapat digolongkan sebagai minyak sehat karena tidak mengandung lemak jahat. Jika minyak pada umumnya mengandung lemak jenuh yang jelas berbahaya, tidak dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun justru mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik diaplikasikan ke tubuh. Dari sekian banyaknya manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun, kali ini kami akan membahas manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang jarang sekali diketahui orang, bahkan kerap kali disepelekan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Banyak orang mempercayai kehebatan khasiat dari minyak zaitun hanya sebatas pelengkap masakan dan bahan kosmetik saja. Padahal, masih terdapat banyak sekali manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh dna penyembuhan penyakit. Nah, berikut ini kami akan memberitahukan rahasia manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut:

1. Membunuh Kutu Kepala
Kutu kepala adalah salah satu parasit yang sulit dihilangkan. Butuh waktu agak lama untuk membuatnya benar-benar hilang dari kepala yang sudah terinfeksi kutu. Untuk membasmi kutu rambut di kepala hingga ke akarnya, gunakanlah minyak zaitun.

Cukup dengan mengoleskannya ke rambut Anda secara merata, sambil di pijat kecil agar menyerap hingga ke dalam. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Gunakan secara rutin, setiap hari.

2. Menghilangkan Nyeri
Manfaat minyak zaitun yang jarang diketahui orang adalah untuk menghilangkan nyeri. Biasanya orang mencari balsam atau minyak tawon untuk menghilangkan nyeri. Padahal, dalam pati minyak zaitun terkandung oleochantal yang berfungsi sebagai penghilang nyeri.

Jadi, jika Anda terkena luka bakar, lecet, luka jatuh, radang, atau sobek, segera oleskan minyak zaitun ke bagian nyeri. Tidak hanya nyeri luar, minyak zaitun juga berfungsi untuk mengobati peradangan atau nyeri sendi yang kerap dialami orang lanjut usia. Hanya dengan mengoleskannya pada sendi-sendi yang terasa nyeri.

3. Mengatasi Penyumbatan Pembuluh Darah
Hobi makanan yang mengandung minyak atau lemak jenuh akan membuatnya bersarang di pembuluh darah, membuat darah menjadi menggumpal dan tersumbat.

Akibatnya, Anda akan beresiko terkena penyakit penyumbatan darah, kolesterol tinggi, jantung, hingga stroke. Karenanya, konsumsi dang anti segera minyak Anda dengan mnyak zaitun.

Kandungan pada minyak zaitun terbukti ampuh untuk mengurangi lemak dari makanan yang mengendap di tubuh Anda dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Sehingga, otomatis minyak zaitun juga dapat menurunkan kolestrol, mencegah penyakit jantung, hingga stroke.

4. Menangkal Radikal Bebas
Radikal bebas yang berasal dari polusi udara dan sinar matahari langsung tidak dapat dihindari lagi. Jika tubuh Anda terus-menerus terpapar radikal bebas, dapat menjadi salah satu penyebab kanker.

Nah, untuk menagkal radikal bebas, Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin. Hal ini karena kandungan anti oksidan dalam minyak zaitun sangat tinggi. Selain mencegah terjadinya kanker, minyak zaitun juga dapat mengatasi resiko kanker rahim pada perempuan.

5. Sebagai Pengganti ASI
Manfaat minyak zaitun sebagai pengganti ASI, bukan berarti menggantikannya secara keseluruhan, melainkan hanya sebagai tambahan. Hal ini karena, kandungan minyak zaitun hampir sama dengan kandungan yang terdapat salam ASI. Jadi, jika Anda mengkonsumsi minyak zaitun, berarti Anda juga akan mendapatkan nutrisi yang persis dengan ASI.

6. Menyehatkan Usus
Senyawa Oleuropein Aglycone pada minyak zaitun berfungsi untuk menyehatkan usus dengan menjaga suplai darah ke usus Anda. Konsumsilah minyak zaitun agar terhindar dari kerusakan usus.

7. Mengobati Penyakit Maag
Tidak banyak yang tau, salah satu manfaat minyak zaitun untuk mengobati penyakit maag. Penyakit maag adalah penyakit yang paling umum dimiliki banyak orang. Hal ini karena pola makan yang tidak dijaga dan diatur dengan baik.

Penderita penyakit maag biasanya merasakan sakit atau perih yang tidak tertahankan pada bagian lambung yang kerap mengganggu aktivitas. Untuk penyempurnaan pengobatan maag yang tak kunjung sembuh, cobalah minum minyak zaitun setiap hari untuk membantu melindungi lambung dari perih yang melanda dan mengurangi tingginya asam lambung Anda.

Demikianlah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang jarang sekali diketahui masyarakat luas. Apabila dalam penggunaannya timbul tanda-tanda alergi, segera hentikan pemakaian. Jika semakin parah, hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu...
akubeni1
2 min read

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami – Jerawat merupakan salah satu hal yang paling dibenci oleh semua wanita. Seperti yang diketahui bahwa wanita cenderung...
akubeni1
2 min read

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Melihat Komputer

Banyak sekali yang mengeluhkan mata sakit dan lelah karena terlalu lama melihat layar komputer. Bagi orang yang bekerja dengan memanfaatkan teknologi komputer tentu melihat...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *