Manfaat Yoghurt

Manfaat Yoghurt – Yoghurt merupakan makanan yang terbuat dari susu. Yoghurt hampir sama dengan keju, hanya saja ada beberapa hal yang membedakannya.

Manfaat Yoghurt
Manfaat Yoghurt

Keju dan juga Yoghurt memiliki beberapa cara yang sama dalam pengolahannya. Derajat keasaman yang sesuai untuk yoghurt adalah sekitar 4,5 dengan total asam laktat sekitar 0,85 – 0,95%. Untuk mengukur derajat keasaman atau pH yang sesuai untuk yoghurt dapat menggunakan pH meter, namun pilih dan gunakan yang jenisnya alat ukur pH yoghurt.

Ada dua bakteri yang ditambahkan dalam proses pengolahan yoghurt yaitu, bakteri lactobacillus bulgaricus, yang akan membuat aroma pada yoghurt yang dihasilkan. Sedangkan bakteri yang kedua adalah bakteri Streptococcus thermophilus, yang menambahkan citarasa pada yoghurt.

Yoghurt terbuat dari susu yang memang banyak bermanfaat bagi tubuh karena kandugannya. Yoghurt memiliki banyak kandungan protein, kalsium, mengandung banyak karbohidrat, selain itu juga mengandung vitamin B seperti vitamin B1, B2, niasin, asam folat. Serta mineral, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium.

Beberapa manfaat yang terkandung dalam yoghurt ada di bawah ini :

  • Menguatkan tulang

Kandungan kalsium pada yoghurt dapat membantu menguatkan tulang. Selain itu, ada juga vitamin D. Keduanya sama sama berfungsi untuk menguatkan tulang dari pengeroposan tulang. Untuk itu, konsumsi yoghurt dapat membantu memperkuat tulang dan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

  • Mudah untuk dicerna

Dibandingkan dengan susu yang memiliki laktosa didalamnya, dan dapat membuat alergi bagi yang memiliki intolerasi laktosa. Yoghurt memiliki kandungan yang menciptakan lactase yang dapat membantu penyerapan laktosa dalam tubuh.

  • Mengandung bakteri baik

Yoghurt memiliki probiotok didalamnya yang mampu menghilangkan miroorgaisme organisme yang merusak usus dan system pencernaan lainnya. Selain itu, probiotik juga dapat membantu pencernaan serta membantu kekebalan tubuh.

  • Membantu menurunkan darah tinggi

Kalium terkandung dalam yoghurt, jadi yoghurt juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Kesehatan kulit

Yoghurt sering digunakan sebagai masker untuk kulit. Hal ini dikarenakan kandungan exfoliator dapat mengangkat sel kulit yang mati.

  • Mengandung banyak vitamin

Vitamin yang terkandung dalam yoghurt banyak. Salah satu kandungan vitamin yang banyak terkandung adalam B12 yang mampu meningkatkan kerja syaraf.

  • Menurunkan berat badan

Banyak yang mengonsumsi yoghurt untuk diet.

  • Meningkatkan kesehatan usus
  • Meningkatkan kekebalan tubuh