Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian Perdagangan Internasional – Adanya perdagangan internasional merupakan bukti bahwa setiap negara dengan negara lain saling membutuhkan. Pengertian perdagangan internasional sendiri adalah perdagangan yang terjadi antar negara. Baik individu atau kelompok di suatu negara yang menjualnya ke negara lain.

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional bisa dikatakan sebagai sebuah kerjasama ekonomi yang pihak-pihaknya melibatkan beberapa negara. Perdagangan internasional kini menjadi salah satu bagian penting dalam memakmurkan dan memajukan suatu masyarakat.

Hal tersebut terjadi karena dengan adanya perdagangan internasional dapat memenuhi kebutuhan yang tidak bisa didapat dari negara sendiri. Penjelasan lebih lengkap mengenai perdagangan internasional dapat Anda simak di bawah ini.

Perdagangan Internasional
Sama seperti perdagangan biasa yakni kegiatan jual beli barang atau pun saja. Namun untuk perdagangan internasional memang lebih komplek dari perdagangan biasa dalam negeri, berikut adalah penjelasannya.

1. Ciri-ciri perdagangan internasional
Terdapat beberapa perbedaan antara yang biasa dengan perdagangan internasional. Sesuai dengan pengertian perdagangan internasional yang melibatkan antar negara.

Ciri umum yang perdagangan internasional antara lain adalah ruang lingkup perdagangan yang meliputi seluruh dunia. Selain itu semua aturannya menggunakan aturan internasional. Seperti pembayaran yang dilakukan adalah dengan menggunakan mata uang internasional yakni US Dolar.

Sementara itu untuk kualitas barang yang diperjual belikan pun harus sesuai dengan standar internasional, terlebih lagi untuk barang-barang medis dan barang lain yang mengutamakan keamanan.

Perbedaan dari perdagangan internasional dengan yang biasa adalah adanya pajak khusus yang memang dibuat untuk barang-barang yang masuk atau keluar melewati batas negara.

2. Faktor pendorong adanya perdagangan internasional
Perdagangan internasional dilakukan tidak tanpa alasan. Terdapat beberapa faktor
yang membuat atau mendorong untuk dilakukannya perdagangan internasional. Salah satu sebab terjadinya perdagangan internasional adalah memenuhi kebutuhan yang tidak bisa didapat di suatu negara.

Misalnya saja Indonesia melakukan pembelian pesawat dari negara Amerika karena di negara Indonesia belum bisa memproduksi pesawat. Selain itu, perdagangan internasional juga terjadi karena beberapa faktor dari sebuah perusahaan. Seperti beberapa merek dari luar negeri yang diperjual belikan di tanah air untuk memperluas wilayah pemasaran produk tersebut.

3. Manfaat perdagangan internasional
Perdagangan antar negara ini mempunyai banyak manfaat, mulai dari keuntungan
ekonomis hingga keuntungan di luar aspek ekonomis. Manfaat perdagangan
internasional yang jelas adalah mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari
perdagangan domestik.

Selain itu, adanya perdagangan internasional juga untuk menjalin kerjasama dan persahabatan antara suatu negara dengan negara lain. Perdagangan internasional juga memberikan manfaat pada kemajuan teknologi suatu negara. Seperti Indonesia yang melakukan kerjasama untuk pembelian peralatan pertahanan negara dengan teknologi terdepan.

Secara tidak langsung, perdagangan internasional ini membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, meningkatkan pemerataan SDA, dan mempercepat pembangunan bagi suatu negara.

4. Bentuk-bentuk perdagangan internasional
Ada 3 bentuk perdagangan internasional yakni bilateral, regional, dan multilateral. Pengertian perdagangan internasional bilateral adalah suatu perdagangan yang dilakukan oleh dua negara.

Sedangkan perdagangan regional merupakan perdagangan internasional yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang berada dalam satu regional. Misalnya Indonesia melakukan perdagangan internasional dengan negara-negara di regional Asia Tenggara atau ASEAN.

Untuk perdagangan internasional yang multilateral yaitu perdagangan internasional suatu negara dengan negara lain tanpa adanya batasan wilayah. Bentuk perdagangan multilateral ini merupakan yang paling banyak dilakukan karena memang kebutuhan suatu negara yang hanya bisa dipenuhi melalui perdagangan internasional.

5. Jenis perdagangan internasional
Perdagangan internasional terdiri dari beberapa jenis, dan salah satunya adalah
ekspor. Kegiatan mengirim suatu barang ke luar negara merupakan pengertian
perdagangan internasional kategori ekspor.

Indonesia juga menjadi salah satu negara eksportir, seperti menjadi eksportir kopi terbanyak di dunia. Selain ekspor ada pula impor yang merupakan kebalikan ekspor. Memasukan suatu barang ke dalam negeri, contohnya Indonesia yang beberapa waktu lalu mengimpor garam dari Australia karena kelangkaan barang tersebut.

Perdagangan internasional juga ada yang dalam bentuk barter atau penukaran barang dengan barang lain. Kegiatan yang termasuk jenis perdagangan internasional lainnya adalah konsinyasi, border crossing, dan package deal.

Jenis perdagangan internasional lain yang banyak terjadi adalah penyelundupan atau perdagangan internasional ilegal tanpa kontrol dari perundang-undangan suatu negara.

6. Perdagangan internasional untuk pemasukan devisa
Devisa atau valuta asing memiliki peranan penting bagi stabilitas dan peningkatan
ekonomi suatu negara. Adanya perdagangan internasional ini dapat memberikan
manfaat berupa peningkatan devisa negara. Devisa yang masuk akibat kegiatan perdagangan internasional akan memberikan keuntungan bagi kondisi ekonomi sebuah negara.

Secara tidak langsung, manfaat perdagangan internasional menjadi sumber pemasukan dan peningkatan devisa negara. Devisa ini dapat digunakan untuk alat pembayaran saat suatu negara memerlukan pembelian ke negara lain dengan mata uang asing.

Itulah beberapa ulasan terkait pengertian perdagangan internasional. Berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat, perdagangan internasional pun semakin banyak dan cepat dilakukan.

Incoming search terms:

  • pengertian perdagangan internasional
  • penting dengan adanya perdagangan internasional
  • apa yang dimaksud perdagangan internasional dan bagaimana manfaatnya bagi kawasan ASEAN
  • manfaat umum perdagangan internasional
  • manfaat umum perdagangan internasional menjalin persahabatan antar negara
  • Mengapa Perdagangan Internasional Harus Melibatkan 2 Negara Atau Lebih
  • pengertian dan manfaat perdagangan internasional
  • perdagangan internasional