Mengukur Kecepatan Angin Laut

Mengukur Angin Laut – Angin merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah jumlahnya. Angin juga tidak lepas dari kehidupan kita karena kita membutuhkannya untuk menyejukkan hari yang sedang panas.

Untuk angin sendiri sering dimanfaatkan dalam berbagai hal, seperti memggerakkan kincir angin pada peternakan, kemudian kincir angin untuk menggerakan generator supaya dapat menghasilkan energi listrik.

Lalu angin juga digunakan untuk penyerbukan tanaman, supaya tumbuh serta berkembang dengan baik. Dengan penyerbukan tersebut bisa menghasilkan buah serta anakan tanaman yang lebih baik.

Angin juga digunakan untuk mengerikan pakaian selain menggunakan sinar matahari, sehingga akan cepat kering semua pakaian yang kita jemur. Selain itu angin pun dimanfaatkan oleh nelayan untuk mencari ikan dilaut lepas.

Biasanya nelayan akan berangkat pada malam hari dan kembali pada pagi hari dengan tangapan yang sangat banyak sekali. Mengapa hal tersebut dilakukan oleh para nelayan.

Hal tersebut dilakukan karena nelayan menggunakan angin laut. Mengapa angin laut ?, karena angin tersebut mengarah dari darat menuju ke lautan sehingga mendorong perahu nelayan untuk menuju ke tengah laut lepas.

Untuk kembalinya sendiri, menggunakan angin darat, karena angin dari laut akan menuju ke darat sehingga memudahkan nelayan untuk menuju ke daratan membawa hasil tangkapannya untuk kemudian dijual dan memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

Kemudian angin juga dimanfaatkan di pinggiran pantai untuk memabangkitkan listrik bertenagakan angin. sehingga pasokan energi pun akan semakin bertambah. Bagaimana membuat sebuah pembangkit listrik bertenagakan angin ini.

Yang pertama adalah menyiapkan perlatannya sendiri seperti tiang penyangga kincir angin, kemudian kincir angin itu sendiri, serta generator untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik.

Yang kedua adalah mengukur seberapa cepat angin yang ada, dengan menggunakan alat pengukur kecepatan angin, kita bisa mengetahui kecepatan angin yang melewati daerah tersebut.

Kemudian selanjutnya adalah menentukan posisi pemasanganya, pastikan pada daerah yang strategis dan sudah di ukur kecepatan anginnya oleh kita tadi. Untuk memasangnya sendiri harus menggunakan crane, guna membantu pemasangan yang tinggi.

Tags: