Menjernihkan Air

Menjernihkan Air – Air merupakan saah satu sumber kehidupan manusia. Dengan adanya air, kebutuhan mineral dan kebutuhan lainnya akan terpenuhi. Namun, bagaimana jika air minum tidak jernih dan mengandung kuman atau bakteri.

Menjernihkan Air
Menjernihkan Air

Karena beberapa hal yang dapat membuat air menjadi kotor atau tidak jernih dapat membuat tubuh akan mengkonsumsi air yang mengandung kuman. Maka dari itu, serangkaian cara akan dilakukan demi menjernihkan air yang kotor.

Salah satu cara tersebut adalah menggunakan klorin. Perlu diperhatikan bahwa klorin sangat berbahaya jika masuk dalam tubuh. Untuk itu, cermati air minum yang mengandung klorin. Jika perlu, gunakan alat ukur kadar klorin.

  1. Merebus air

Air minum sering direbus untuk menghilangkan kuman dan bakteri. Selain itu, merebus air ternyata juga dapat membuat air yang keruh menjadi jernih. Dengan merebus air maka partikel padat yang ada di dalam air akan terpisah.

Rebus air hingga mencapai suhu 100 derajat Celsius. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan air hingga dingin. Dalam keadaan dingin, partikel lain akan mengendap dan air jernih dapat diambil.

  1. Membuat penjernih air

Dengan menggunakan beberapa bahan dapat digunakan untuk menjernihkan air. Cara ini tergolong alami karena menggunakan bahan dari alam, dan beberpa bahan tambahan lainnya.

Caranya adalah dengan menyiapkan kulit kayu yang fleksibel. Dapat menggunakan  kulit kayu brich.

Cara ini tidak membersihkan air sepenuhnya, namun membersihkan mikroba. Cara pertama adalah membuat corong lalu dapat mengikatnya dengan tali atau sejenisnya yang kuat. Isi corong dengan pasir, rumput, kerikil, atau arang.

Lakukan hal tersebut berulang kali agar partikel dalam air hilang.

  1. Membuat penyuling matahari

Siapkan wadah air, mangkuk, dan bahan berat seperti batu. Mangkuk yang digunakan usahakan agar magkuk yang berat.

Pertama tama masukan mangkuk kecil dalam wadah besar. Letakan cangkir ditengah bagian rata. Masukan air kotor, namun usahakan agar air tidak masuk dalam mangkuk.

Tutup wadah dengan menggunakan pembungkus transparan, setelah tertutup rapat, letakan batu ditengah mangkuk. Letakan dibawah sinar matahari. Dengan begitu air akan menguap dan pertikel kotor akan berada di pembungkus dan jatuh ke mangkuk kecil. Hal ini dilakukan berhari hari bahkan berminggu minggu.